Moral Education Approach Through the Art of Jangkar Bumi Theater: A Case Study of the Kapai-Kapai Script for Class XI Students of MA Qudsiyyah Kudus
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v10i01.17847Keywords:
Seni Teater, Pendidikan Moral, Teater Jangkar BumiAbstract
Pendidikan akhlak merupakan aspek mendasar dalam pembentukan karakter peserta didik, khususnya dalam lingkungan pendidikan Islam. Berbagai metode telah diterapkan untuk menginternalisasi nilai dan akhlak melalui seni teater. Penelitian ini menganalisis bagaimana seni teater, khususnya pementasan Kapai-Kapai oleh Teater Jangkar Bumi, dapat menjadi media yang efektif untuk pembelajaran Akhlak di MA Qudsiyyah Kudus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara dengan sutradara, aktor, guru akhlak, dan siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa naskah Kapai-Kapai mengandung nilai dan akhlak yang kuat, seperti keimanan kepada Tuhan, pentingnya shalat, bahaya materialisme, serta kesadaran akan ketergantungan manusia kepada Tuhan. Teater ini terbukti membantu peserta didik memahami rancangan akhlak secara lebih mendalam melalui pengalaman kritik langsung dan reflektif terhadap peristiwa yang dipentaskan. Meskipun terdapat tantangan, seperti keterbatasan waktu, daya sumber, dan adaptasi naskah agar sesuai dengan kurikulum, pementasan tetap memberikan dampak positif terhadap kesadaran dan pemahaman peserta didik tentang nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, seni teater dapat menjadi alternatif inovasi dalam pendidikan akhlak di madrasah dan lembaga pendidikan Islam lainnya.References
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., & Abadi, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Case Study Method in Qualitative Research. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Berliana, D., & Atikah, C. (2023). Teori Multiple Intelligences Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1108–1117. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.963
Effendy, R. M., & Karyanto, I. (2023). Seni Teater (A. E. P. R. Ramliyana (ed.); Edisi Revi). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dikeluarkan.
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index
Hudha, T. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Teater Games. ABDI SENI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 153–168.
Ibda, F. (2023). Perkembangan Moral Dalam Pandangan Lawrence Kohlberg. Intelektualita, 12(1), 62–77. https://doi.org/10.22373/ji.v12i1.19256
Iryanto, N. D. (2022). Meta Analisis Nilai Moral dan Sosial Pada Kesenian Barongan Sebagai Media Literasi Budaya untuk Mewujudkan Generasi Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Semdikjar 5, 1099–1116.
Jaelani, A. J., Kautsar, T., & Andriyana. (2025). Pelatihan Drama bagi Siswa SMA. PENMASKU: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Kuningan Fakultas, 1(1), 29–36.
Jasmine, J. (2024). Metode mengajar multiple intelligences. Nuansa Cendekia.
Karyanto, I., & Haridarmawan, W. (2021). Seni Teater (G. Swaragita (ed.); Cetakan Pe). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4, Jakarta Pusat.
Mariani, N. (2021). Upaya Meningkatan Nilai Estetika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Seni Budaya. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru …, 1, 23–32. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/14%0Ahttp://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/download/14/14
Martono, W. C., Heni, & Karolin, L. A. (2022). Implementasi Model Experential Learning sebagai Bagian dari Program Sekolah Ramah Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 159–167. https://eprints.uad.ac.id/14038/1/artikel wahyuni christiany martono.pdf
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Nurhadi, Z. F. (2017). Teori komunikasi kontemporer. Prenada Media.
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In F. Sukmawati (Ed.), Pradina Pustaka (pertama).
Pamungkas, M. I. (2023). Akhlak Muslim Modern: Membangun Karakter Generasi Muda. Marja.
Prusdianto. (2022). Teater Sekolah: Media Pendidikan Seni dalam Membentuk Akhlak Pelajar. Nuansa Journal of Arts and Design, 6(1), 25. https://doi.org/10.26858/njad.v6i1.32395
Pusposari, W., Ansoriyah, S., Iskandar, I., & Rahmawati, A. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 255–263. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.204
Rawandi, J., & Yaqin, M. N. (2024). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Seni Teater SKA 1. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 37. https://doi.org/10.28944/fakta.v4i1.343
Rimasasi, D. S., & Astutik, A. P. (2021). Integrasi Akhlak Islami dalam Seni Teater. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 19(1), 42–29.
Rismayanti, L. (2023). Teori Moral Development Lawrence Kohlberg dalam Perspektif Ilmu Akhlak Ibnu Miskawaih. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Sanusi, A. (2023). Pembaharuan Strategi Pendidikan. Nuansa Cendekia.
Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1), 24–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2151
Sari, S. P., Nurfadhilah, S. A., Wibowo, T. S. S., & Syifa, Y. N. (2023). Memperkokoh Keimanan Kepada Allah. Gunung Djati Conference Series, 22, 439–449.
Sastraatmadja, A. H. M., Nawawi, A., & Rivana, A. (2024). Supervisi Pendidikan Islam: Konsep Dasar dan Implementasi Nilai-Nilai Islami. Penerbit Widina.
Setiaji, D. (2024). Seni Hubungannya Dalam Berbagai Sudut Pandang. EDU PUBLISHER.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Studi Kasus (Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi) (R. Fadliah (ed.); 1st ed.). ALFABETA.
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.
Zahro, N. F. (2024). Pendidikan Dasar Islam sebagau Fondasi Pembangunan Moral dan Sosial di Era Globalisasi. 11, 1–12.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com