Application of The Tilawati Method In Improving The Quality of The Qur’an Reading Fluence of Class VII Students of Muhammadiyah Grogol Weru SMP School Sukoharjo District Academic Year 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.26618/jtw.v10i01.15149Kata Kunci:
Penerapan, Metode tilawati, Kualisat kelancaran bacaanAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tilawati dan peningkatan kualitas kelancaran bacaan Al Qur’an, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelasVII SMP Muhammadiyah Grogol. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan studi kasus. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kualitas kelancaran bacaan AI-Qur’an siswa denganpenerapan metode tilawati di SMPMuhammadiyah Grogol Weru sukoharjo. bahwa perubahan atau peningkatan kualitas baca siswa sangat baik dari segi makhroj,tajwid dan tahsin siswa di lihat dari ketika seorang guru melakukan evaluasi bulanan dengan menguji tes lisan siswaReferensi
Abdurrohim Hasan, M. Arif, Abdur Rouf, StrategiPembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati,( Surabaya: Pesantern Al-Qur‟an Nurul Falah PTT VB, 2010).
Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Eka, W. (2018). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca AI-Qur'an Di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal VI Purwokerto
Hartono, Penerapan Metode Tilawati, (Vol vii, 2018).
Hidayah, I. N. (2019). Penerapan Metode one day one ayat dalam kegiatan menghafal Al-Qur'an Madrasah Ibtidaiyah Miftahul ulum Rambipuji Jember
Kusumastuti, T., Fathurrohman, M., (2022) Implementasi Metode menghafal Al-Qur'an 3t+ Im Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri. Al'ulum jurnal Pendidikan Islam
Murjito, Imam. Pedoman metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an
Nidaa’an Khafiyya, W. (2023). Implementasi Pendidikan Islam Dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional: Perspektif Psikologi Pendidikan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(8), 1–92.
Reva, G. (2020). Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kualitas Membaca AI-Qur'an Di Taman Pendidikan Al- Qur'an Nurul Huda Martapura
Samuel, L. (2002). Metodologi penelitian kualitatif.bandung
Setian, E. (2019). Implementasi Metode Tikror dalam menghafal Al-Qur'an di pondok pesantren Hidayatul Qur'an desa banjarrejo kecamatan batanghari kabupaten Lampung Timur
Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Shofiyah, A. M., (2023). Implementasi Metode ODOA (one day one ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal AI-Qur'an Siswa Di SMP Muhammadiyah Grogol Weru kabupaten Sukoharjo
Syafe’i, I. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Agama terhadap Persepsi Mahasiswa pada Gerakan Radikalisme Berbasis Agama (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 61–79.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung:CV Alfabeta, 2013
Wahyu, R. (2020). Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas kelancaran Bacaan Al Qur'an Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com