Application of The Tilawati Method In Improving The Quality of The Qur’an Reading Fluence of Class VII Students of Muhammadiyah Grogol Weru SMP School Sukoharjo District Academic Year 2023/2024

Lina Fauziyah, Mujibur rohman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tilawati dan peningkatan kualitas kelancaran bacaan Al Qur’an, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelasVII SMP Muhammadiyah Grogol. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan studi kasus. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan kualitas kelancaran bacaan AI-Qur’an siswa denganpenerapan metode tilawati di SMPMuhammadiyah Grogol Weru sukoharjo. bahwa perubahan atau peningkatan kualitas baca siswa sangat baik dari segi makhroj,tajwid dan tahsin siswa di lihat dari ketika seorang guru melakukan evaluasi bulanan dengan menguji tes lisan siswa

Keywords


Penerapan, Metode tilawati, Kualisat kelancaran bacaan

Full Text:

PDF

References


Abdurrohim Hasan, M. Arif, Abdur Rouf, StrategiPembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati,( Surabaya: Pesantern Al-Qur‟an Nurul Falah PTT VB, 2010).

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Eka, W. (2018). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca AI-Qur'an Di TK 'Aisyiyah Bustanul Athfal VI Purwokerto

Hartono, Penerapan Metode Tilawati, (Vol vii, 2018).

Hidayah, I. N. (2019). Penerapan Metode one day one ayat dalam kegiatan menghafal Al-Qur'an Madrasah Ibtidaiyah Miftahul ulum Rambipuji Jember

Kusumastuti, T., Fathurrohman, M., (2022) Implementasi Metode menghafal Al-Qur'an 3t+ Im Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri. Al'ulum jurnal Pendidikan Islam

Murjito, Imam. Pedoman metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al-Qur’an

Nidaa’an Khafiyya, W. (2023). Implementasi Pendidikan Islam Dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional: Perspektif Psikologi Pendidikan. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(8), 1–92.

Reva, G. (2020). Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kualitas Membaca AI-Qur'an Di Taman Pendidikan Al- Qur'an Nurul Huda Martapura

Samuel, L. (2002). Metodologi penelitian kualitatif.bandung

Setian, E. (2019). Implementasi Metode Tikror dalam menghafal Al-Qur'an di pondok pesantren Hidayatul Qur'an desa banjarrejo kecamatan batanghari kabupaten Lampung Timur

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Shofiyah, A. M., (2023). Implementasi Metode ODOA (one day one ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal AI-Qur'an Siswa Di SMP Muhammadiyah Grogol Weru kabupaten Sukoharjo

Syafe’i, I. (2018). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Agama terhadap Persepsi Mahasiswa pada Gerakan Radikalisme Berbasis Agama (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung). Al- Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 61–79.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, (Bandung:CV Alfabeta, 2013

Wahyu, R. (2020). Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kualitas kelancaran Bacaan Al Qur'an Di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v10i01.15149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lina Fauziyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.