Pengaruh Metode Pembelajaran Scramble Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Bengkalis

Resa Surga

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena  metode pembelajaran yang digunakan guru belum efektif sehingga mengakibatkan siswa cenderung pasif dan tidak berpatisipasi aktif didalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Scramble dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 7 Bengkalis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pembelajaran Scramble dan keaktifan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan Teknik pengambilan sampel yaitu sampling total dengan jumlah sampel yaitu 36 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pemberian soal pre-test dan post-test dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran Scramble nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,67 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,67 maka nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil uji T dimana nilai Sig. (2 tailed) yang dihasilkan adalah 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran Scramble dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 7 Bengkalis.


Keywords


Metode Pembelajaran Scramble, Keaktifan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Aditya Dedy Yusuf, (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siwa, Jurnal SAP, Vol. 1, No. 2, Desember, 167.

Ahdar Djamaludin, & Wardana, (2019). Belajar dan Pembelajaran (4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogik), Parepare: CV Kaafah Learning Center.

Amin dan Linda Yurike, (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer, Yogyakarta: Pusat Penerbitan LPPM.

Departemen Agama RI, (2004). Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: CV PENERBIT J-ART.

Handini, Gian, (2020). Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Palembang, Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol. 7, No. 2, November, 4.

Nanda Rizky Fitria Kanza dkk, ((2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunkaan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Sistem Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas DiKelas XI Mipa 5 SMA Negeri 2 Jember, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 9, No. 2, Juni, 72.

Nuryadi, dkk, (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian, Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Sidik Priadana, & Denok Sunarsi, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Tangerang: Pascal Books.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Syahrum, & Salim, (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Citapustaka Media.

Triwiyanto, Teguh, (2015). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Wantu, Nita, (2018). Penerapan Metode Scramble Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Inggris, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1, Desember, 148.




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v9i01.12317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 resa surga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.