PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Fitri Nurhasanah, Sumarni Sumarni, Mohamad Riyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul materi barisan dan deret untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis serta kevalidan dan kepraktisan e-modul. E-modul yang dikembangkan berdasarkan pemecahan masalah Polya dan berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan merupakan jenis penelitian R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan menurut Plomp yang terbagi menjadi tiga fase yaitu pendahuluan, pengembangan atau prototipe, dan penilaian.  Penelitian dilakukan di SMAN 3 Kuningan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan e-modul. Uji kevalidan dilakukan oleh 4 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika, 1 dosen teknik informatika, 2 guru matematika. Uji kepraktisan dilakukan oleh 6 orang yang terdiri dari 2 guru matematika dan 4 siswa kelas XI SMA. Teknik analisis data yang digunakan adalah mencari persentase pada uji kevalidan dan uji kepraktisan. Berdasar hasil analisis kevalidan e-modul dikategorikan “sangat valid” dan analisis kepraktisan e-modul dikategorikan “sangat baik”. E-modul yang dikembangkan dapat digunakan dilapangan karena memenuhi kategori kevalidan dan kepraktisan.  Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji keefektivan bahan ajar.

Keywords


E-Modul; Barisan dan Deret; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Full Text:

PDF

References


Akker, J. Van Den, Bannan, B., Kelly, A., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. In Educational design research.

Aulia, D. M., Parno, P., & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 7–12.

Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128-145.

Durmuş, S. (2011). An Investigation Related to the Modelling Levels and Values of Elementary School Prospective Mathematics Teachers. 11(2), 1065–1071.

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/34784

Graycar, A. (1997). Paedophilia: Policy and Prevention.

Kemendikbud, R. I. (2006). Standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Komalasari, E., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2021). ANALISIS DESAIN DIDAKTIS SEGIEMPAT YANG DIKEMBANGKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23-35.

Kumar Singh, Y. (2006). Fundamental of Research Methodology and Statistics. New Age International (P) Ltd.

Mhakure, D., & Mokoena, M. A. (2011). A Comparative Study of the FET Phase Mathematical Literacy and Mathematics Curriculum. 3, 309–323.

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Dengan Langkah-. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Prastowo, A. A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rahmi, L. (2019). Perancangan e-module perakitan dan instalasi personal komputer sebagai media pembelajaran siswa SMK. Ta’dib, 21(2), 105–112.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171–179.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); ke-3). Alfabeta.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197–210.

Sumarni, S., Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NON RUTIN MAHASISWA PADA TOPIK SEGIEMPAT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1).

Sumarni, S., Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396-1411.

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENDAPATKAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS PENGOPTIMALAN FUNGSI OTAK KANAN DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(1), 30-42.

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Nurpalah, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Ekonomi Berbasis Learning Cycle Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 139-154.

Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan Visual-Spatial Thinking Dalam Geometri Ruang Mahasiswa Universitas Kuningan. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2).

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer.(Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Euclid, 2(1).

Tan, O.-S. (2003). Learning Using Problems to Power.

Van Garderen, D., & Montague, M. (2003). Visual‐spatial representation, mathematical problem solving, and students of varying abilities. Learning Disabilities Research & Practice, 18(4), 246–254.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 238.

Wood, D. F. (2008). Problem based learning. In Bmj (Vol. 336, Issue 7651, p. 971). British Medical Journal Publishing Group.

Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2020). Penerapan E-Modul Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 66–80.

Wulandari, C. S., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019, March). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Wulaningsih, S. A., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA ANDROID. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 101-114.

Yanti, Y., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi segiempat melalui pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 145-159.

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101-112.

Zuhri, D., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). The Development of Math Learning Tools for Elementary Based on 2013 Curriculum in Coastal Area. Journal of Educational Sciences, 4(1), 133–145.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.9320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: