PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI BARISAN DAN DERET UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Fitri Nurhasanah universitas Kuningan
  • Sumarni Sumarni Universitas Kuningan
  • Mohamad Riyadi Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.9320

Keywords:

E-Modul, Barisan dan Deret, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul materi barisan dan deret untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis serta kevalidan dan kepraktisan e-modul. E-modul yang dikembangkan berdasarkan pemecahan masalah Polya dan berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan merupakan jenis penelitian R&D. Model pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan menurut Plomp yang terbagi menjadi tiga fase yaitu pendahuluan, pengembangan atau prototipe, dan penilaian.  Penelitian dilakukan di SMAN 3 Kuningan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan e-modul. Uji kevalidan dilakukan oleh 4 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika, 1 dosen teknik informatika, 2 guru matematika. Uji kepraktisan dilakukan oleh 6 orang yang terdiri dari 2 guru matematika dan 4 siswa kelas XI SMA. Teknik analisis data yang digunakan adalah mencari persentase pada uji kevalidan dan uji kepraktisan. Berdasar hasil analisis kevalidan e-modul dikategorikan “sangat valid” dan analisis kepraktisan e-modul dikategorikan “sangat baik”. E-modul yang dikembangkan dapat digunakan dilapangan karena memenuhi kategori kevalidan dan kepraktisan.  Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji keefektivan bahan ajar.

References

Akker, J. Van Den, Bannan, B., Kelly, A., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. In Educational design research.

Aulia, D. M., Parno, P., & Kusairi, S. (2021). Pengaruh E-Modul Berbasis TPACK-STEM terhadap Literasi Sains Alat Optik dengan Model PBL-STEM Disertai Asesmen Formatif. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 7–12.

Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128-145.

Durmuş, S. (2011). An Investigation Related to the Modelling Levels and Values of Elementary School Prospective Mathematics Teachers. 11(2), 1065–1071.

Firmansyah, R. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Kepraktisan Modul Pembelajaran Human Machine Interface Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smk Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/34784

Graycar, A. (1997). Paedophilia: Policy and Prevention.

Kemendikbud, R. I. (2006). Standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Komalasari, E., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2021). ANALISIS DESAIN DIDAKTIS SEGIEMPAT YANG DIKEMBANGKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23-35.

Kumar Singh, Y. (2006). Fundamental of Research Methodology and Statistics. New Age International (P) Ltd.

Mhakure, D., & Mokoena, M. A. (2011). A Comparative Study of the FET Phase Mathematical Literacy and Mathematics Curriculum. 3, 309–323.

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Dengan Langkah-. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Prastowo, A. A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rahmi, L. (2019). Perancangan e-module perakitan dan instalasi personal komputer sebagai media pembelajaran siswa SMK. Ta’dib, 21(2), 105–112.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi barisan dan deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171–179.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, 9(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); ke-3). Alfabeta.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran bangun ruang di SMP dengan pendekatan problem-based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197–210.

Sumarni, S., Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NON RUTIN MAHASISWA PADA TOPIK SEGIEMPAT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1).

Sumarni, S., Darhim, D., & Fatimah, S. (2021). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru matematika sekolah menengah berdasarkan tahapan polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1396-1411.

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENDAPATKAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS PENGOPTIMALAN FUNGSI OTAK KANAN DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(1), 30-42.

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Nurpalah, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Ekonomi Berbasis Learning Cycle Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 139-154.

Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan Visual-Spatial Thinking Dalam Geometri Ruang Mahasiswa Universitas Kuningan. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 2(2).

Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery dan Metode Advance Organizer.(Studi Eksperimen di Kelas IX SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Euclid, 2(1).

Tan, O.-S. (2003). Learning Using Problems to Power.

Van Garderen, D., & Montague, M. (2003). Visual‐spatial representation, mathematical problem solving, and students of varying abilities. Learning Disabilities Research & Practice, 18(4), 246–254.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 238.

Wood, D. F. (2008). Problem based learning. In Bmj (Vol. 336, Issue 7651, p. 971). British Medical Journal Publishing Group.

Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2020). Penerapan E-Modul Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 66–80.

Wulandari, C. S., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019, March). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1).

Wulaningsih, S. A., Sumarni, S., & Riyadi, M. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA ANDROID. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(2), 101-114.

Yanti, Y., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi segiempat melalui pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 145-159.

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101-112.

Zuhri, D., Maimunah, M., & Yuanita, P. (2020). The Development of Math Learning Tools for Elementary Based on 2013 Curriculum in Coastal Area. Journal of Educational Sciences, 4(1), 133–145.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

Articles