PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MTS DI KABUPATEN SERANG

Siti Jumaroh, Hamidah Hamidah, Vidya Ayuningtyas

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi atas kurangnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa khususnya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) perbedaan kemampuan awal siswa;(2) kemampuan berpikir kritis yang diberikan model Snowball Throwing (3)pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa;(4) motivasi belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat, uji hipotesis, Effect Size dan persentase angket. Berdasarkan perhitungan:(1)uji-t data awal menunjukkan nilai sig yaitu 0,145 > 0,05;(2) uji- data akhir diperoleh nilai sig yaitu 0,00 < 0,05 ;(3)hasil uji Effect Size diperoleh nilai Cohen’s d =3,361;(4)hasil persentase angket motivasi sebesar 74%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1)tidak terdapat perbedaan kemampuan awal (2)kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model Snowball Throwing lebih baik daripada konvensional;(3)pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan berpikir kritis tergolong sangat tinggi;(4)motivasi belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Snowball Throwing tergolong kriteria baik.

 

Kata Kunci: Snowball Throwing, Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. H. (2013). Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1442

Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4420

Effendi, M. S., & Melia, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri o Mangunharjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(1), 44–58. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i1.326

Fauzan, A., & Tasman, F. (2020). Designing PISA Like Problems for West Sumatra Mathematics and Science Junior High School Teachers. Pelita Eksakta, 3(1), 75. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/106

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. http://www.jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 14(1), 20–29. https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/11064755.pdf

Jaya, R. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/diksi.v3i2.186

Karim, & Normaya. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634

Muhajir, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Murid Kelas V SDN No. 90 To Cemba Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi.

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/priSMA/article/view/21427

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6161

Rosidah, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowbal Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 274–282. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.593

Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.637

Sulistiani, Eny, M. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Jurnal Seminar Nasional Matematika x Universitas Negeri Semarang, 1(1), 605–612. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Syahrina, I., Wahyuni, A., & Susanna. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Materi Fisika Pada Siswa Kelas X1 SMAN 1 Montasik Aceh Besar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4), 256–260. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/1310




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v14i2.8730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: