MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NASIONAL MAKASSAR

Andi Alim Syahri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VIIISMP Nasional Makassar pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa  32 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri  4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Pada pelaksanaannya, pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw merupakan suatu tindakan yang diberikan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Nasional Makassar meningkat dari siklus I ke siklus II. Setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw selama dua siklus pembelajaran, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa pada siklus pertama berada pada ketegori rendah, dengan skor rata-rata 55,19. Skor tertinggi 95 dan skor terendah 25 dari skor maksimal yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 18,47. (2) Hasil belajar matematika siswa pada siklus kedua berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 71,75. Skor tertinggi     100 dan skor terendah 40 dari skor maksimum yaitu 100 dengan standar deviasi 14,76. (3) Terjadi peningkatan kehadiran dan aktifitas siswa. Berdasarkan analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe jigsaw maka hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Nasional Makassar dapat meningkat.


Keywords


Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; hasil belajar; aktivitas siswa; respon siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Basri, Muhammad. 2008. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: UNM.

Buchari Alma, dkk. 2008. Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Khaeruddin. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University Of Makassar Press.

Nuharini, Dewi. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Surakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga: Rineka Cipta.

Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Syahrullah. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: UNM.

Tiro, M. A. 2000. Dasar-dasar Statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktitivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v2i1.7348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: