PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM POSING BERLATAR PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SEKOLAH DASAR

Baharullah Baharullah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif. Sintaks pembelajaran yang digunakan adalah sintaks pembelajaran kooperatif yang terdiri atas 6 fase. Pada fase keempat disisipkan pendekatan problem posing. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Bontomanai dan SD Inpres Mallengkeri 2. Pada setiap sekolah dipilih satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif lebih baik dibanding hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan pendekatan problem posing berlatar pembelajaran kooperatif.


Keywords


Pendekatan Problem Posing; Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Amerlin. 1999. Analisis Problem Posing Siswa Sekolah Dasar Negeri II Kecamatan Tomohon Kabupaten Minahasa pada Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah. Malang: IKIP Malang.

Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, En. 2001. Pemberian Tugas Pengajuan Soal Berdasarkan Masalah pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II SLTP Muhammadiyah 5 Surabaya. Tesis. PPs Unesa Surabaya.

Hamzah. 2002. “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika di SLTP melalui Pendekatan Mathematical Problem Posing”. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (MIHMI). Vol. 8 No. 3 Th. 2002. 29-38.

Johnson, David W, dan Johnson, Roger T. 1994. Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning. Boston: Allyn and Bacon.

Moses, B., Bjork, E., dan Goldenberg, E. P. 1993. “Beyond Problem Solving: Problem Posing”. Stephen I. Brown dan Marion I. Oregan (Ed). Problem Posing: Reflections and Applications. 178-188. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Silver, E., A, Mamona-Down., J, Leung S dan Kenney, P. A. 1996. “Posing Mathematical Problem”. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27 No. 3, Mei 1996. 293-309.

Silver, E., dan Cai, J. 1996. “An Analysis of Arithmetic Problem Posing by Middle School Students”. Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27 No. 5, November 1996. 521-539.

Siswono, T. Y. E. 1999. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Problem Posing) dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Perbandingan di MTs Negeri Rungkut Surabaya. Tesis. PPs Unesa Surabaya.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning: Theori, Research, and Practice 2nd Edition . Massachusetts: Allyn and Bacon.

Slavin, Robert E. 1997. Educational Psychology: Theori and Practice 5th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Suharta, I Gusti Putu. 2000. “Pengembangan Strategi Problem Posing dalam Pembelajaran Kalkulus untuk Memperbaiki Kesalahan Konsepsi”. Matematika: Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Th. VI No. 2, Agustus 2000. Malang: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v1i1.7339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: