PENGGUNAAN ALAT PERAGA (KANCING BAJU) PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SD

Ilhamuddin Ilhamuddin

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting, ini dapat dilihat pada struktur dan alokasi waktu yang disediakan dalam kurikulum Sekolah Dasar yang disediakan saat ini, disamping beberapa mata pelajaran yang lainnya. Di kelas V Sekolah Dasar mata pelajaran matematika mendapat alokasi waktu 6 (enam) jam pelajaran tiap minggunya, ini merupakan alokasi waktu terbanyak bersama sama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun demikian tingkat penguasaan materi pelajaran matematika rata-rata masih rendah, dilihat dari banyaknya siswa yang tidak mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.


Keywords


Alat Peraga; Penjumlahan dan Pengurangan; Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


Karso, dkk. 2005. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyono, Djoko. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongasari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Romzah, Faizur. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas III SD. Universitas Negeri Semarang.

Ratna, Wilis Dahar 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

//digilib.unnes.ac.id/collect/tmp/777.html

//digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi.1/tmp/2099.html




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: