PENGGUNAAN ALAT PERAGA (KANCING BAJU) PADA PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SD

Authors

  • Ilhamuddin Ilhamuddin Unismuh

DOI:

https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7249

Keywords:

Alat Peraga, Penjumlahan dan Pengurangan, Bilangan Bulat

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting, ini dapat dilihat pada struktur dan alokasi waktu yang disediakan dalam kurikulum Sekolah Dasar yang disediakan saat ini, disamping beberapa mata pelajaran yang lainnya. Di kelas V Sekolah Dasar mata pelajaran matematika mendapat alokasi waktu 6 (enam) jam pelajaran tiap minggunya, ini merupakan alokasi waktu terbanyak bersama sama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun demikian tingkat penguasaan materi pelajaran matematika rata-rata masih rendah, dilihat dari banyaknya siswa yang tidak mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat.

References

Karso, dkk. 2005. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyono, Djoko. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Pada Petak Persegi Satuan Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongasari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Romzah, Faizur. 2006. Penggunaan Alat Peraga Pada Pengajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan Kelas III SD. Universitas Negeri Semarang.

Ratna, Wilis Dahar 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Depdikbud.

//digilib.unnes.ac.id/collect/tmp/777.html

//digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi.1/tmp/2099.html

Downloads

Published

2014-12-01

Issue

Section

Articles