MEMPERKENALKAN KONSEP DASAR PECAHAN DENGAN MODEL JEROME BRUNER

Saharuddin Saharuddin

Abstract


Bruner (1966) melukiskan level atau cara sesuatu itu dapat direpresentasikan. Dia menyatakan bahwa seseorang dapat mengalami, dan selanjutnya berpikir tentang suatu ide atau konsep tertentu tentang 3 (tiga) level yang berbeda: enaktif (enactive), ikonik (iconic), dan simbolik (symbolic). Ada sembilan pengertian pecahan yang diungkapkan para ahli, tetapi yang seringkali ditemukan dalam instruksional matematika di SD dan SMP, hanya 3 (tiga), yaitu: bagian dari sesuatu yang utuh (part-whole), hasil bagi (quotient), dan rasio (ratio). Menyajikan pengertian “bagian dari sesuatu yang utuh” (part-whole) dan model bangun (region) dalam konteks sehari-hari adalah suatu langkah awal yang baik dalam memulai pengajaran tentang pecahan agar bisa bermakna bagi anak. Model yang lain, seperti panjang, kumpulan, dan luas daerah, boleh digunakan setelah anak betul-betul memahami model bangun. Selanjutnya, konsep dasar pecahan diajarkan dengan mempartisi, menggambar sebuah model, dan memperluas model.


Keywords


Konsep Dasar Pecahan; Model Jerome Bruner; Matematika

Full Text:

PDF

References


Fadlun A., Syarifah. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pecahan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Tesis. Surabaya: Program Pas-casarjana Universitas Negeri Surabaya.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Holisin, Iis. 2002. Pembelajaran Pembagian Pecahan di SD dengan Menggunakan Pendekatan Konkrit dan Semikonkrit. Tesis. Surabaya: Program Pascasar-jana Universitas Negeri Surabaya.

Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar. Malang: Penerbit IKIP Malang.

Post, Thomas Richard. 1988. Teaching Mathematics in Grades K–8. USA: Allyn and Bacon, A Division of Simon and Schuster, Inc.

Reys, Robert E., dkk. 1992. Helping Children Learn Mathematics. USA: Allyn and Bacon, A Division of Simon and Schuster, Inc.

Sani, Abdullah. 2000. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Matapelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan di Kelas 1 SLTP Khadijah Surabaya. Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Uno, Hamzah B. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Pen-erbit PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: