MERANCANG MODEL MATEMATIKA DARI MASALAH PROGRAM LINEAR MELALUI POLA LATIHAN TERBIMBING

Fadli Amin, Erni Ekafitria Bahar

Abstract


Pola latihan terbimbing merupakan pola latihan dimana guru memberi latihan kepada peserta didik berupa soal yang permasalahannya mirip dengan contoh yang diberikan atau soal dengan permasalahan yang berbeda. Dalam pelaksanaan latihan tersebut, guru memberi bimbingan dan arahan cara merancang model matematika dengan mengikuti langkah-langkah pemecahan masalah yaitu: (i) memahami masalah, (ii) merencanakan penyelesaian, (iii) melaksanakan rencana penyelesaian (merancang model matematika), (iv) melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan dalam menghasilkan suatu model matematika.

Keywords


Model Matematika; Program Linear; Pola Latihan Terbimbing

Full Text:

PDF

References


Hadis, A. 2006. Psikologi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hasanuddin. 2002. Afeksi Kesulitan Belajar Matematika Dikaitkan dengan Hasil Belajar Matematika Kelas II SLTP Negeri 3 Polewali Kabupaten Polewali Mamasa. Makassar: Skripisi FMIPA UNM.

Suherman, E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Ban-dung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunardi, dkk. 2004. Matematika untuk SMA Kelas 3. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.