PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Mukhlis Mukhlis, Muh Yusri AL

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai melalui pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II, data hasil observasi pada setiap pertemuan dan tanggapan siswa pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I sebesar 61,47 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 17,15 dan berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 72,90 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 14,72 berada pada kategori sedang; (2) terjadi peningkatan kehadiran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

Keywords


Model Pembelajaran; Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecaha

Full Text:

PDF

References


Asyono. 2005. Matematika Kelas VIII SMP & MTs. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Muhkal, Mappaita. 1999. Menumbuhkan Kemampuan Belajar Matematika. Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 2 No. 1, hal 1 – 211. FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidi-kan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA; Universitas Pendidikan Indonesia.

Susanta. 1996. Program Linear. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga Akademik.

Tiro, Muhammad Arif dan Ilyas Baharuddin. 2007. Statistika Terapan Untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Makassar : Andira Publisher.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Possing dan Problem solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan

Warda, Tifah. 2008. Peningkatan hasil belajar Matematika melalui Penerapan Model Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IIIB Al Izzah Kota So-rong. FKIP: UNANIM (http://ardi_lamadi_blogspot.com/2010/02/metodologi-penelitian-skripsi-Tifah.html) diakses tanggal 21 November 2010.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: