MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Pantja Nurwahidin, Palmuri Palmuri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik pada murid kelas IV SD Negeri Borongkaramasa Kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah seluruh murid kelas IV SD Negeri Borongkaramasa Kabupaten Gowa pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah murid adalah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas komponen perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari tes hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan lembar observasi dianalisis secara kualitatif pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh berada pada kategori sedang dengan rata-rata 67.41. Pada siklus II nilai rata-rata 83.52 dan berada pada kategori tinggi. Ketuntasan belajar murid meningkat setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada setiap pertemuan pada siklus I dan II. Hal ini terlihat pada siklus I besarnya persentase peningkatan hasil belajar murid berdasarkan kriteria ketuntasan (KKM) belajarnya yaitu 16 murid yang tuntas dari jumlah keseluruhan murid sedangka 11 belum tuntas dan pada siklus II menjadi tuntas pada siklus II yang hadir pada saat itu. Semangat dan antusias murid dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi, hal ini ditunjukkan semakin minimnya murid yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengggangu kegiatan pembelajaran, sehingga berimplikasi pada keaktifan murid dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika murid kelas IV SD Negeri Borongkaramasa Kabupaten Gowa.


Keywords


Matematika; RME; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Anni, Catharina Tri, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT UNNES Press.

Aras. Latri. 2006. Pendekatan Pembelajaran Matematika. Makassar: Universitas Nageri Makassar

Armanto, Dian. 2001. Alur Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Dua Angka dalam Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Djamarah, Bahri dan Aswan Zain. 2002. Startegi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta

Haling, Abd. 2004, Belajar Pembelajaran. FIP UNM: Makassar

Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Bandung

Hartoyo, A. 2000. Seminar Nasional. Pengembangan Pendidikan MIPA di Era Globalisasi. Universitas Negeri Yogyakarta. Depdiknas

Inganah, Siti. 2003. Model Pembelajaran Segiempat dengan Pendekatan Realistak Pada Murid Kelas II SLTP Negeri 3 Batu (Tesis). Malang: Universitas Negeri Malang

Kania, Fitri. (2006). Pembelajaran Matematika dengan Pendidikan Realistic Math-ematic Education (RME) Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pen-alaran dan Komunkasi Matematika Murid SD Kelas II SDN Sukajadi IX Bandung (Skripsi). PGSD.Bandung: UPI.

Poerwodarminto. 1992. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Sudjana Nana. 1992. Cara Belajar Murid Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru: Bandung.

Slameto. 1988. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (edisi II). PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Suprapto. 2007. Aktivitas belajar. www.google.com. (diakses 14/062010)

Suherman, Erman, dkk. 2001 Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : Rajawali

Press.

Soemanto, Wasty. 2003. Psikologi Pendidikan. Jakarta :PT. Rineka Cipta.

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: