PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL POWER LEARNING

Nurdin Arsyad, Misnawati Misnawati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMP Muhammadiyah Limbung yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model power learning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah Limbung dengan jumlah siswa 36 orang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respon siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 74,5 berada dalam kategori sedang dengan standar deviasi 10,87 pada skor ideal 100. 2) Pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 81,81 berada dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 13,22 pada skor ideal 100. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II. 3) Keaktifan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II serta respon positif siswa terhadap penerapan Model Power Learning. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIC SMP Muhammadiyah Limbung setelah diterapkan Model Power Learning.

Keywords


Model; Power Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. XIII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007.

Ayudiah, Fitri. Kesiapan Guru SMA Negeri di Kabupaten Brebes Utara dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun Aja-ran 2007/2008.(Diakses dari inter-net).http://www.digilib,unes.Ac.Id/gsdi/colled/skripsi/indes/assoc/HASHOib8/9390bb4. Dir/doc.Pdf.(8/10/2011)

Feldman, Robert S. P.O.W.E.R Learning: Strategies for Success in College and Life, 2005 Edition. New York: McGraw-Hill, 2005.

Sahabuddin. Mengajar dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses yang Disebut Pendidikan. Cet. III, Makassar: Badan Penerbit UNM, 2007.

Salam, Burhanuddin. Pengantar Pedagogik (Dasar-Dasar Ilmu Mendidik).Cet.I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet IV, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Cet. VI, Bandung: Sinar Ba-ru Algesindo, 2005.

Tim Penghimpun Redaksi Sinar Grafika. Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No.14 Th. 2005).Cet. I, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Tiro, M.Arif. Dasar-Dasar Statistik. Cet. II, Makassar: State University of Makassar Press, 2000.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: