PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Awi Dassa, Irma Kadir

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Bajeng Kabupaten Gowa setelah di ajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Bajeng Kabupaten Gowa sebanyak 40 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, tanggapan siswa, dan tes  hasil belajar dalam bentuk essay pada setiap akhir siklus sesuai materi yang diajarkan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang dicapai adalah (1) skor rata-rata hasil belajar siklus I     sebesar 76,80 dari skor  ideal 100 dengan standar deviasi 20,37, (2)  skor rata-rata hasil belajar siklus II sebesar 88,60 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,14, (3) banyak siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 31 orang (77,50%) dari 40 orang siswa, (4) banyak siswa yang tuntas belajar pada siklus II adalah 37 orang (92,50%) dari 40 orang siswa, (5) pada siklus I kehadiran siswa 95% meningkat menjadi 95,63% pada    siklus II, (6) yang serius menerima pelajaran dari siklus I ke siklus II yaitu 86,25%     menjadi 90,63% atau mengalami peningkatan 4,38%, (7) siswa yang belum memahami materi yang diajarkan pada saat proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II yaitu 10,63% menjadi 6,88% atau mengalami penurunan 3,75%. (8) keaktifan siswa mencari jawaban LKS meningkat dari 86,88% menjadi 89,38%  atau mengalami peningkatan sebesar2,5%. (9) Siswa yang meminta bimbingan dalam menyelesaikan LKS mengalami penurunan sebesar 7,5% yaitu dari 15,63% ke 8,13%. (10) siswa yang nomornya terpanggil atau berani dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap persentase kelompok mengalami peningkatan dari 16,25% ke 16,88%, atau sebesar 0,63%. (11) siswa yang berani mengajukan tanggapan terhadap persentase kelompok lain mengalami peningkatan dari 3,13% ke 6,25%, yaitu sebesar 3,12%. (12) siswa yang dapat menjawab pertanyaan/tanggapan dari kelompok lain dari 2,5% menjadi 3,75% atau mengalami             peningkatan sebesar 1,25%, (13) siswa yang melakukan kegiatan lain saat proses      pembelajaran berlangsung mengalami penurunan dari 8,75% menjadi 3,75% atau mengalami penurunan sebesar 5%. (14) siswa yang mengerjakan PR dari guru mengalami peningkatan dari 73,75% ke 93,75% atau mengalami peningkatan sebesar 20%.


Keywords


Hasil Belajar; Matematika; NHT

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. http://google.com/2010/01/03/model-model pembelajaran/

Hudoyo, Herman, 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matemat-ika. Malang: Uninversitas Negeri Malang.

Ibrohim, dkk. 2008. Panduan Belajar PTK Generik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Diklat, PMPTK.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jihad, Asep, dkk. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidi-kan. Jakarta: Kencana Prenata Media.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Trianto.2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widyantini. 2006. Model Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kooperatif. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: