MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7221Keywords:
Problem Posing, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang dilakukan selama dua siklus yaitu 4 kali pertemuan Siklus I dan 4 kali pertemuan Siklus II. Obyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIID SMP Tut Wuri Handayani Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 19 orang perempuan dalam pokok bahasan Bilangan Bulat, pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Setelah diadakan tindakan, data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada Siklus I skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan pendekatan problem posing dengan 51,92 dengan standar deviasi 22,023 dan ketuntasan belajar mencapai 33%. Pada Siklus II skor rata-rata siswa meningkat menjadi 68,72 dengan standar deviasi 17,908 dan ketuntasan mencapai 64%. Keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan, ini terlihat dengan meningkatnya jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan, siswa yang menjawab pertanyaan guru, siswa yang rumusan soal dan jawaban benar, siswa yang mengumpulkan PR. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendekatan problem posing dengan di SMP Tut Wuri Handayani Makassar dapat berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. Penerapan pendekatan problem posing dengan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.References
Irawan, Didi. 2003. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Dengan Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas Viiia Smp Negeri 2 Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Proposal Penelitian FKIP UNISMUH Makassar.
Nuryeni. 2002. Komparasi metode kerja kelompok dan kerja individu dalam pem-belajaran matematika dalam kelompok bahasan lingkaran I, skripsi Makas-sar: FMIPA UNM.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada Me-dia Group.
Surtini, Sri, dkk. 2003. Implementasi Problem Posing Pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas Iv Sd Di Salatiga. Laporan penelitian Lembaga Penelitian – Universitas Terbuka.
Suherman. H, Erman. dkk, 2003. Strategi pembelajaran matematika kontenporer. Universitas pendidikan Indonesia: JICA
Warda, Tifah. 2008. Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan mod-el pemecahan masalah pada siswa kelas III B Al Izzah. Sorong. FKIP. UNANIM.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.