MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI

Haerul Syam, Herawati Herawati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMP Negeri  27 Makassar kota Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan Metode Resitasi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas VIID SMP Negeri 27 Makassar dengan jumlah siswa 35 orang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar observasi, dan angket respon siswa. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: 1) Pada Siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 65,11 berada dalam kategori sedang dengan standar deviasi 15,76 pada skor ideal 100. 2) Pada Siklus II, diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 81,29 berada dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 13,67 pada skor ideal 100. Hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II. 3) Keaktifan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat dari siklus I ke siklus II serta respon positif siswa terhadap penerapan Metode Resitasi. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas VIID SMP Negeri 27 Makassar setelah diterapkan Metode Resitasi.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Tenik, Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Ayudiah, Fitri. 2007. Kesiapan Guru SMA Negeri di Kabupaten Brebes Utara da-lam Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun Ajaran 2007/2008. Diakses dari: http://www.digilib,unnes.ac.id/gsdi/colled/skripsi/index/assoc/HASHOIb8/9390bb4,dir/doc.Pdf. Tanggal 8 September 2011.

Djamarah, S.B., Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamra. 2008. Penerapan Metode Resitasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ma-tematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Siswa Kelas VII MTs Nuhiyah Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Makassar. UIN Alaud-din.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Rajawali Pers.

Ratumanan. 2002. Belajar dan pembelajaran. Surabaya : UNESA University Press

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jica.

Tiro, Muhammad Arif 2006. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Badan penerbit UNM Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: