PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Baharullah Baharullah, Fitriani Fitriani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIcSMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar  pada semester ganjil 2011/2012, dengan jumlah siswa 13 orang. Siklus I  dan siklus II masing-masing dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung, angket respon untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan, dan tes untuk mengetahui kemampuan memecahkan masalah  siswa setelah pemberian tindakan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Terjadi peningkatan untuk semua indikator yang diamati yaitu keaktifan, respon siswa, dan kemampuan memecahkan masalah  siswa, (b) Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,54 dari skor ideal yaitu 100, nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 30 dengan standar deviasi 13,751 dengan kategori tuntas 69,23 % dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,53 dari skor ideal 100,nilai tertinggi 80 dan terendah 55 dengan standar deviasi 8,549 dengan kategori tuntas 92,31%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIIIc SMP Negeri 2 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar dapat meningkat.

Keywords


Memecahkan Masalah; Pembelajaran Berbasis Malasah; Matematika

Full Text:

PDF

References


Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matemtika. Malang : Ikip Malang.

Ilmiawati, 2010. “Meningkatakan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Langsung Dengan tugas bentuk Superitem”.. Skripsi. Unismuh Makassar

Mamur, Jamal. 2011. “Penelitian Tindakan Kelas “. Jogjakarta: Laksana

Sagala, Syaiful. 2011.. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian tindakan kelas. Jakarta. Kencana

Sanjaya,Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Tiro, Muhammad Arif. 2007. Statistika Terapan. Makassar : Andira .

Upu, Hamsah.2003. Problem possing dan problem solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadan




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.