PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING SECARA BERKELOMPOK

Hasaruddin Hafid, Erna Wiyati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan problem solving pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012  dengan subyek penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh melalui analisis deskriptif sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong pada siklus II berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,39 dari jumlah siswa 38 orang dengan nilai tertinggi 96 dan nilai  terendah 35 dengan standar deviasi 13,89, (2) Adanya peningkatan hasil belajar  matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 dari siklus I ke siklus II terdapat 26 siswa (68,42%)belum tuntas belajar, 12 siswa (31,58%) telah tuntas belajar dan pada siklus II terdapat 5 siswa (13,16%) belum tuntas belajar, 33 siswa (86,84%) telah tuntas belajar. Data hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan jumlah kehadiran siswa, kesungguhan dan keberanian siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dimengerti, dan siswa yang aktif pada saat kerja kelompok mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1  Barombong.

Keywords


Matematika; Problem Solving; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk.2010.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Baharuddin.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bimo. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Diknas. 2005. Standar Kompetensi 2004 Untuk SMP. Jakarta: Depag RI.

Djamarah dkk. 1997. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

E.T Ruseffendi. 1994. Materi Pokok Pendidikan Matematika III. Jakarta: Univ-sersitas Terbuka Depdikbud.

Ilmayasari. 2010. Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Pro-blema Solving). Makassar.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Roestiah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Aneka Cipta.

Sahabuddin. 1999. Mengajar Dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses Disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar cetakan ketiga. Makassar: Badan Pener-bit UNM.

Simanjuntak, Lisna Waty, dkk. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Ri-neka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 1991. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Upu, Hamzah. 2003. Problema Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.