PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING SECARA BERKELOMPOK
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i1.7218Kata Kunci:
Matematika, Problem Solving, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan problem solving pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 dengan subyek penelitian sebanyak 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil yang diperoleh melalui analisis deskriptif sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong pada siklus II berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,39 dari jumlah siswa 38 orang dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 35 dengan standar deviasi 13,89, (2) Adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 dari siklus I ke siklus II terdapat 26 siswa (68,42%)belum tuntas belajar, 12 siswa (31,58%) telah tuntas belajar dan pada siklus II terdapat 5 siswa (13,16%) belum tuntas belajar, 33 siswa (86,84%) telah tuntas belajar. Data hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan jumlah kehadiran siswa, kesungguhan dan keberanian siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dimengerti, dan siswa yang aktif pada saat kerja kelompok mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Barombong.Referensi
Arikunto, Suharsimi, dkk.2010.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Baharuddin.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bimo. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Diknas. 2005. Standar Kompetensi 2004 Untuk SMP. Jakarta: Depag RI.
Djamarah dkk. 1997. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
E.T Ruseffendi. 1994. Materi Pokok Pendidikan Matematika III. Jakarta: Univ-sersitas Terbuka Depdikbud.
Ilmayasari. 2010. Pemecahan Masalah Sistematis (Systematic Approach to Pro-blema Solving). Makassar.
Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Roestiah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Aneka Cipta.
Sahabuddin. 1999. Mengajar Dan Belajar Dua Aspek dari Suatu Proses Disebut Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar cetakan ketiga. Makassar: Badan Pener-bit UNM.
Simanjuntak, Lisna Waty, dkk. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: Ri-neka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 1991. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Upu, Hamzah. 2003. Problema Posing dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.