PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TV TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7215Keywords:
Media Elektronik TV, Hasil Belajar IPSAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media elektronik TV terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian dilaksanakan di sd aisyiyah muhammadiyah 3 makassar, dengan memilih 20 orang siswa sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjelaskan karakteristik responden menggunakan analisis persentase, sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis ; Korelasi Product Moment, Koefisien Determinasi, dan Uji signifikan test t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media elektronik TV (X), berpengaruh signifikan tehadap hasil belajar IPS (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,44. Sedangkan untuk uji signifikan uji t diperoleh bahwa t hitung yang diperoleh adalah lebih besar dari ttabel (0,44>0,195), pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel media elektronik TV (X) berpengaruh sebesar 19,36% terhadap variabel hasil belajar IPS (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 80,64% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.References
Buchari Mochtar, Transformasi Pendidikan (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995)
Dra.Ssugihastuti,M.S,Teori Apresiasi Sastra.Yogyakarta : Pustaka Pelajar,2002
Drs.yandianto,Kamus Umum Bahasa Indonesia.Bandung: PT M2S.2000
Dr.A.Sukri Syamsuri.Dkk, Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar :Panrita Press,2014
Drs.H.Ali,Muhammad.2010. guru dalam proses belajar mengajar , Bandung : Sinar baru algensindo
Heru Effendy, Industri Pertelevisian Indonesia Sebuah Kajian (Jakarta; Penerbit Erlangga, 2008
Kisworo, “Pembelajaran IPS Tetap Bermaka”, http://www.upy.ac.id/site/index.php? pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=8, 22 Maret 2008.
Saefullah, K.H. U. 2012.Psikologi PerkembangandanPendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan : Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru : Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prof.Dr.Azhar Arsyad,M.A,Media Pembelajaran.Jakarta : PT RajaGrapindo Per-sada,2013
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, (SISDIKNAS) Sis-tem Pendidikan Nasional, (Bandung: PT Fokusmedia, 2003)
Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008)
Wibowa, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah : Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Zubaedi, 2011. Desain Pembelajaran Karakter: Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.