PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATEMATIKA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7214Keywords:
Hasil Belajar, Persepsi, Kompetensi GuruAbstract
Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” yang bersifat korelasional. Masalah yang diselidiki dalam penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh persepsi siswa tentang matematika dan kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu (1) dengan menggunakan tes dan (2) dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yaitu analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan karakteristik distribusi skor dari masing-masing variabel dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi untuk pengujian hipotesis. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa tahun pelajaran 2013/2014 adalah 70,66 dari skor ideal 100 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 16,15. Skor rata-rata persepsi siswa tentang matematika adalah 75,11 dari skor ideal 100 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 9,03. Skor rata-rata persepsi siswa tentang kompetensi guru adalah 76,04 dari skor ideal 100 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 6,35. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa dimana diperoleh bahwa thitung = 1,76 dan ttabel = 1,68 yang berarti bahwa H0 ditolak karena thitung > ttabel. Persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa dimana diperoleh bahwa thitung = 2,97 dan ttabel = 1,68 yang berarti bahwa H0 ditolak karena thitung > ttabel. Persepsi siswa tentang matematika dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa dimana diperoleh bahwa fhitung = 7,18 dan ftabel = 3,22 yang berarti bahwa H0 ditolak karena fhitung > ftabel . Nilai koefisien determinasi R2 = 0,255 yang menunjukkan bahwa sekitar 25,50% kontribusi faktor persepsi siswa tentang matematika dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa tahun pelajaran 2013/2014.References
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬Anonim. Wikipedia Indonesia-Matematika. Akses tanggal 10 Desember 2012
Anonim2. 2009. Uji Asumsi Klasik, Jurnal Manajemen. Akses tanggal 10 Desember 2012
Anonim. 2011. Pengertian-definisi-hasil-belajar. Akses tanggal 25 juni 2013
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Haeranah. 2006. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 33 Makassar. Makassar: FMIPA UNM
Mulyasa. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda
Muhyirung, Husniati. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Matematika dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 33 Makassar. Makassar: FMIPA UNM
Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Pers
Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bumi aksara
Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia
Suherman, Erman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia
Tiro, M. A. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher
Tiro, M. A. 2009. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher
UU RI No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Tokyo : Bidang Dikbud KBRI
UU RI No. 14 tahun 2005. Guru dan Dosen.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.