PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MATEMATIKA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Andi Alim Syahri

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” yang bersifat korelasional. Masalah yang diselidiki dalam penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh persepsi siswa tentang matematika dan kompetensi guru terhadap hasil belajar matematika siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa tahun pelajaran  2013/2014. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu (1) dengan menggunakan tes dan (2) dengan menggunakan angket.  Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yaitu analisis deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan karakteristik distribusi skor dari masing-masing variabel dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi untuk pengujian hipotesis.  Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa tahun pelajaran 2013/2014 adalah 70,66 dari skor ideal 100 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 16,15. Skor rata-rata persepsi siswa tentang matematika adalah 75,11 dari skor ideal 100 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 9,03. Skor rata-rata persepsi siswa tentang kompetensi guru adalah 76,04 dari skor ideal 100 dan termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 6,35. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang matematika berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa dimana diperoleh bahwa thitung = 1,76 dan ttabel = 1,68 yang berarti bahwa H0 ditolak karena thitung > ttabel. Persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa Kab. Gowa dimana diperoleh bahwa thitung = 2,97 dan ttabel = 1,68 yang berarti bahwa H0 ditolak karena thitung > ttabel. Persepsi siswa tentang matematika dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh positif  terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa dimana diperoleh bahwa fhitung = 7,18 dan ftabel = 3,22 yang berarti bahwa H0 ditolak karena fhitung > ftabel . Nilai koefisien determinasi   R2 = 0,255 yang menunjukkan bahwa sekitar 25,50%  kontribusi faktor persepsi siswa tentang matematika dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungguminasa tahun pelajaran 2013/2014.

Keywords


Hasil Belajar; Persepsi; Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬Anonim. Wikipedia Indonesia-Matematika. Akses tanggal 10 Desember 2012

Anonim2. 2009. Uji Asumsi Klasik, Jurnal Manajemen. Akses tanggal 10 Desember 2012

Anonim. 2011. Pengertian-definisi-hasil-belajar. Akses tanggal 25 juni 2013

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Haeranah. 2006. Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 33 Makassar. Makassar: FMIPA UNM

Mulyasa. 2006. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda

Muhyirung, Husniati. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Matematika dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 33 Makassar. Makassar: FMIPA UNM

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Bandung: Mulia Mandiri Pers

Slameto. 1987. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga : Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta : Bumi aksara

Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia

Suherman, Erman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia

Tiro, M. A. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher

Tiro, M. A. 2009. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher

UU RI No. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Tokyo : Bidang Dikbud KBRI

UU RI No. 14 tahun 2005. Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: