EKSPLORASI PERKULIAHAN PROGRAM LINEAR BERBASIS BUDAYA BUGIS MAKASSAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7213Keywords:
Eksplorasi, Program Linear, Berbasis Budaya Bugis MakassarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi aktivitas dari interaksi yang terjadi dalam perkuliahan program linear matematika berbasis budaya Bugis-Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat eksplorasi yang mengungkap secara mendalam aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan program linear dengan menerapkan model perkuliahan berbasis Budaya Bugis Makassar (Model BBM). Penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar yang memprogramkan mata kuliah program linear. Fokus penelitian dalam penelitian ini berfungsi mengarahkan peneliti sehingga dapat menetapkan secara jelas apa yang semestinya diteliti. Adapun fokus penelitian ini diarahkan untuk mengeksplorasi aktivitas dalam perkuliahan berbasis budaya Bugis-Makassar pada aspek: nilai budaya siri’, nilai budaya pacce’/pesse’, nilai budaya abbulosibatang, serta nilai budaya sipakatau dalam perkuliahan berbasis budaya Bugis Makassar. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, karena peneliti merupakan pengumpul data melalui pengamatan dan wawancara. Sedangkan instrumen pendukung dalam penelitian yaitu observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bemacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Analisis data kualitatif berlangsung selama proses pengumpulan data. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pada prinsipnya nilai-nilai Budaya Bugis-Makassar pada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar mata kuliah Program Linear telah nampak dalam perkuliahan. Hanya saja, khusus untuk aspek sipakatau, masih perlu mendapatkan perhatian lebih dalam perkuliahan sebagai dasar dalam pembentukan karakter.
References
Akib, Irwan. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Bugis Ma-kassar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Uni-versitas Negeri Surabaya.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Darwis, Muhammad. 2008. Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecer-dasan Emosional Guru dan Siswa. Makalah. Makassar : Unismuh Makas-sar.
Dierich, Paul D. 2010. Aktivitas Belajar. Artikel (Online), (http://satulagi.com/education/aktivitas-belajar, diakses 18 Desember 2011 Pukul 10.56).
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pengajaran Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamid, Abu., Farid, Zainal Abidin., Mattulada, & Lopa, Baharuddin. 2005. Siri’ dan Pesse’ : Harga Diri Manusia Bugis, Makassar, Mandar, Toraja. Makas-sar: Pustaka Refleksi.
Hergenhahn, B.R., & Olson, Matthew. 2009. Theoris of Learning Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana.
Hudojo, Herman. 2000. Strategi Mengajarkan Matematika dan Pentingnya Teori “APA” di Depan Kelas. Malang: FPMIPA-UM Malang.
Marzuki, M. Laica. 1995. Siri’: Bagian Kesadaran Hukum Rakyat Bugis-Makassar (Sebuah Telaah Filsafat Hukum). Ujung Pandang: Hasanuddin Universty Press.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi-dimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahim, A. Rahman. 1992. Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Suradi, 2003. Peranan Matematika dalam Kehidupan Sosial. Makalah. Makassar : Unismuh Makassar.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.