EKSPLORASI PERKULIAHAN PROGRAM LINEAR BERBASIS BUDAYA BUGIS MAKASSAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Ma'rup Ma'rup, Nurwahyuni Nurwahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi aktivitas dari interaksi yang terjadi dalam perkuliahan program linear matematika berbasis budaya Bugis-Makassar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat eksplorasi yang mengungkap secara mendalam aktivitas mahasiswa dalam perkuliahan program linear dengan menerapkan model perkuliahan berbasis Budaya Bugis Makassar (Model BBM). Penelitian ini dilaksanakan pada Mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar yang memprogramkan mata kuliah program linear. Fokus penelitian dalam penelitian ini berfungsi mengarahkan peneliti sehingga dapat menetapkan secara jelas apa yang semestinya diteliti. Adapun fokus penelitian ini diarahkan untuk mengeksplorasi aktivitas dalam perkuliahan berbasis budaya Bugis-Makassar pada aspek: nilai budaya siri’, nilai budaya pacce’/pesse’, nilai budaya abbulosibatang, serta nilai budaya sipakatau dalam perkuliahan berbasis budaya Bugis Makassar. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, karena peneliti merupakan pengumpul data melalui pengamatan dan wawancara. Sedangkan instrumen pendukung dalam penelitian yaitu observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang bemacam-macam (triangulasi), dan dilakukan secara terus menerus sampai datanya jenuh. Analisis data kualitatif berlangsung selama proses pengumpulan data. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa pada prinsipnya nilai-nilai Budaya Bugis-Makassar pada mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar mata kuliah Program Linear telah nampak dalam perkuliahan. Hanya saja, khusus untuk aspek sipakatau, masih perlu mendapatkan perhatian lebih dalam perkuliahan sebagai dasar dalam pembentukan karakter.


Keywords


Eksplorasi; Program Linear; Berbasis Budaya Bugis Makassar

Full Text:

PDF

References


Akib, Irwan. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Bugis Ma-kassar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Uni-versitas Negeri Surabaya.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Darwis, Muhammad. 2008. Pembelajaran Matematika yang Melibatkan Kecer-dasan Emosional Guru dan Siswa. Makalah. Makassar : Unismuh Makas-sar.

Dierich, Paul D. 2010. Aktivitas Belajar. Artikel (Online), (http://satulagi.com/education/aktivitas-belajar, diakses 18 Desember 2011 Pukul 10.56).

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Pengajaran Edisi Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamid, Abu., Farid, Zainal Abidin., Mattulada, & Lopa, Baharuddin. 2005. Siri’ dan Pesse’ : Harga Diri Manusia Bugis, Makassar, Mandar, Toraja. Makas-sar: Pustaka Refleksi.

Hergenhahn, B.R., & Olson, Matthew. 2009. Theoris of Learning Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana.

Hudojo, Herman. 2000. Strategi Mengajarkan Matematika dan Pentingnya Teori “APA” di Depan Kelas. Malang: FPMIPA-UM Malang.

Marzuki, M. Laica. 1995. Siri’: Bagian Kesadaran Hukum Rakyat Bugis-Makassar (Sebuah Telaah Filsafat Hukum). Ujung Pandang: Hasanuddin Universty Press.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multi-dimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahim, A. Rahman. 1992. Nilai-Nilai Utama Kebudayaan Bugis. Ujung Pandang: Hasanuddin University Press.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suradi, 2003. Peranan Matematika dalam Kehidupan Sosial. Makalah. Makassar : Unismuh Makassar.

Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i2.7213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: