EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VIII

Andi Mulawakkan Firdaus

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMP Negeri 21 Makassar yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Metode Ekspositori, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Makassar. Luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah penerapan alternative pembelajaran, yang tidak monoton sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.  Selain itu akan dihasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tipe Snowball Throwing. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 4 kali pertemuan. Menetapkan masing-masing siswa yang menjadi subjek penelitian ke dalam 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Setiap kelompok diajar dengan frekuensi pertemuan yang sama dengan materi yang sama. Pada akhir pembelajaran diberikan tes dengan bobot soal yang sama.

Keywords


Efektivitas Pembelajaran Matematika; Snowball Throwing; Metode Ekspositori

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta CV.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasinya.

Bandung: PT Refika Aditama.

Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif.

Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution, Wahyudin Nur. 2007.Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Sains Ditinjau dari Cara Berpikir. http://www.litagama.org/jurnal/Edisi5/StrategiPemb.htm. Diakses 14 Oktober 2011.

Risal, Nur Alam. 2009. Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Sanimbar. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Sajoanging. Skripsi. Makassar: FKIP UNISMUH.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Eman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogya-karta: Pustaka Pelajar.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajarn & Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.