EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SETTING KOOPERATIF

Syafaruddin Syafaruddin

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment Design) yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Masalah utama dari penelitian ini yaitu apakah pendekatan Student Facilitator and Explaining efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selata Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Kriteria keefektifan pembelajaran dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang meningkat dan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal 15≥ "> 80%, aktivitas siswa dalam pembelajaran telah mencapai ≥ 70% dan dan respons siswa terhadap pembelajaran mencapai ≥ 75%. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design, yaitu sebuah penelitian yang dilaksanakan dengan adanya tes awal dan tes akhir dan tanpa adanya kelas pembanding. Penelitian penelitian ini dilaksanakan 8 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk mengukur hasil belajar sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Student Facilitator and Explaining, lembar observasi aktivitas siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan angket respons siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Student Facilitator and Explaining. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketuntasan pretest matematika siswa seluruhnya tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal, (2) Ketuntasan posttest matematika siswa dikategorikan “meningkat dan “tuntas” secara klasikal, (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dikategorikan “aktif”, (4) Respons siswa terhadap pembelajaran matematika dikategorikan “positif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang telah memenuhi kriteria kefektifan pembelajaran matematika, maka dapat disimpulkan pembelajaran matematika dapat efektif apabila diterapkan pendekatan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar.

Keywords


Efektivitas; Pembelajaran Matematika; Pendekatan Student Facilitator And Explaining

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenada media Group. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta : Jakarta

Hamdani 2010. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia : Bandung

Hermawan, Hendy 2006.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Cv Citra Praya : Bandung

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka pela-jar : Yogyakarta

Jauhar, Mohammad 2011. Implementasi PAIKEM. Prestasi Pustaka Karya : Jakar-ta

Nadir, Asrimansyah. 2014. Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Men-erapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Barru. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: FKIP Unismuh.

NN.Jurnal Student Facilitator and Explaining. https://www. Penerapan-Model-Pembelajaran-Student Facilitator-And-Explaining--Pada-Perkalian-Bilangan-Bulat.pdf (15 Juni 2015)

NN.Student Facilitator And Explaining. https://Sjournal. un-nes.ac.id%2Fsju%2Findex.php (15 Juni 2015)

NN.Skripsi Student Facilitator and Explaining https:// download. portalgaruda.org (15 Juni 2015)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. PustakaPelajar : Yogyakarta

Wardoyo, Sigit Magnun 2013.Pembelajaran Konstruktivisme. Alfa Beta : Bandung




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: