TEORI STRUKTUR INTELEKTUAL GUILFORD

Eka Rismanita, Hasia Marto, Ambo Sakka

Abstract


Kreativitas, menurut Guilford dapat dinilai dari ciri-ciri aptitude seperti kelancaran, fleksibilitas dan orisinalitas, maupun ciri-ciri non-aptitude, antara lain temperamen, motivasi, serta komitmen menyelesaikan tugas.Guilford mengemukakan bahwa inteligensi dapat dilihat dari tiga kategori dasar atau “faces of intellect”, yaitu : Operasi Mental (Proses Befikir) , Content (Isi yang Dipikirkan), Visual (bentuk konkret atau gambaran). Auditory. Word Meaning (semantic). Symbolic (informasi dalam bentuk lambang, kata-kata atau angka dan notasi musik). Behavioral (interaksi non verbal yang diperoleh melalui penginderaan, ekspresi muka atau suara) dan Product (Hasil  Berfikir).

Keywords


Teori Struktur; Intelektual; Guilford

Full Text:

PDF

References


Bigge, morris l. 1982. Learning theories for teachers, edisi ke-4. New york, harper & raw. Interner diakses 25 mei 2008.

DePorter, Bobbi & Mike Hemacki.2002. Quantujm lerning. Bandung: Kifah.

Guilford, j.p. 1973. Fundamental statistic in psychology and education. New York: mc graw-hill book company

Guilford, j.p., 1967. The nature of human intelligence, new york: mcgraw-hill.

Guilford, j.p. 1982. Psychometric methods (2nd.ed). New york: mcgraw-hill pub-lishing co.ltd.

Http://Dakwah.Uin-Suka.Ac.Id/File_Ilmiah/Memor%20dakwah.Doc (diakses 25 mei 2008).

Irwanto, dkk. 1989. Psikologi umum: buku panduan mahasiswa. Jakarta, Gramedia.

Nugroho. 2008. Self-Regulated Learning Anak Berbakat e-mail: dono_dong@yahoo.comuniversitas negeri semarang, jawa tengah

Simpang empat» arsip blog » teori-teori kattell.htm (diakses 25 Mei 2008)

Pawit m. Yusup,2008.Teori-Teori Belajar Kognitif Dalam Aplikasi Ilmu Sosial, Komunikasi, Informasi, dan Perpustakaan. Internet diakses 25 mei 2008).

Popham,w.j.1999. Classroon asessment: what teachers need to know. Mass: allyn-bacon.

Scandura, j.m. & scandura, a. (1980). Structural learning and concrete operations: an Approach to piagetian conservation. Ny: praeger. Available at: Http://tip.psychology.org/theories.html. Akses 25 Mei 2008.

Siswono, Tatag Yuli Eko Pembelajaran Matematika Berbasis Pemecahan Masalah “Realistik” (Realistics Problem Solving). makalah seminar pendidi-kan.Makasar, 23 Pebruari 2008 yang diadakan oleh MGMP Matematika Makassar.

Soenarto, hardi.dkk. 2007. Memahami Psikotes. Bandung: CV. Pustaka Grafika.

Sudrajat, Ahmad. Internet. Akses 25 mei 2008 http:// konseling kita.files.wordpress.com/2007/08/ keragaman individu dalam kecapan dan kepribadian.

Widodo judarwanto. 2008. Medika.htm/ deteksi dini adhd (attention deficit hy-peractive disorders)




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v3i1.7204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.