Abstract
Dari pembahasan dari Teori konstruktivisme Vygotsky: 1) Pembelajaran berfokus pada peserta didik, memberi perhatian pada proses berfikir atau proses mental , dan bukan sekedar pada hasil belajar. Disamping kebenaran peserta didik, guru harus memahami proses yang digunakan anak sehingga sampai pada jawaban yang diinginkan; 2) Mengutamakan peran peserta didik dalam berinisiatif sendiri dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. didalam kelas, penyajian pengetahuan jadi (ready made) tidak mendapat penekanan, melainkan anak didorong menemukan sendiri pengetahuan itu me1alui interaksi spontan dengan keadaannya; 3) Memaklumi akan adanya perbedaan individual dalam hal kemajuan perkembangan. Seluruh peserta didik tumbuh melewati urutan, namun perturnbuhan itu berlangsung pada kecepatan yang berbeda; 4) Semua kerja kognitif tingkat tinggi pada manusia berawal dari lingkungannya. Pengetahuan merupakan suatu bentukan secara sosial dan terintemalisasi pada masing-masing individu; 5) Menekankan pada pengajaran top-down daripada botom-up. Top-down berarti bahwa siswa mulai dengan masalah-masalah yang kompleks untuk dipecahkan dan selanjutnya memecahkan atau menemukan (dengan bantuan guru dalam bentuk scaffolding) keterampilan-keterampilan dasar yang diperlukan; 6) Pembelajaran berrnakna bagi peserta didik, konsep baru atau inforrnasi baru yang akan disarnpaikan harus dikaitkan dengan konsep-konsep yang telah ada pada sturktur kognitif dan terkait dengan kenyataan hidup yang dialami peserta didik.
Keywords
Teori Belajar; Konstruktivisme,;Vygotsky; Matematika
References
Clark, D. 2000. Constructivism. http://www.nwlink.com/~donclark/history/history.html. Download tanggal 30 Mei 2008
Marcy P Driscoll, (2000) Psychology of Learning For instruction, Second edition, Florida State University
Nur, Mohamad dan Wikandari, P. Retno. 2004. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. UNESA, PSMS.
Oahar, Ratna Willis. (1988). Konstruktivisma dalam Mengajar dan Belajar (Makalah)
Ormrod, Jeanne Ellis. 1995. Educational Psychology Principles and Aplications, New Jersey, Prentice Hall.
Slavin, Robert E. (1997). Educational Psychology-Theory and Practice. Fourth Edition. Boston, Allyn and Bacon.
Supamo, Paul 2006, Filsafat Konstruktivisme dam Pendidikan. Yogyakarta,
Vygotsky’s Educational Theory in Cultural Context, Cambridge Universty press, 2003