ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SPLDV BERORIENTASI PISA DENGAN KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP PADA KELAS VIII SMP UNISMUH MAKASSAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R. A., & Sutama, M. P. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berorientasi Pisa dengan Konten Change and Relationship pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Sambi. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta (Online) (http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/72478, diakses 02 Januari 2020)
Djadir, D., Dasa, A., & Sulhijrah, S. (2019). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA pada Konten Change and Relationship. Issues in Mathematics Education (IMED) (Online) Vol.2 No.2 (https://ojs.unm.ac.id/imed/article/view/9489, diakses 02 Januari 2020)
Karimah, A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA. MATHEdunesa (Online) Vol. 1 No.6 (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/19723, diakses 06 Januari 2020)
Karnasih, I. (2015). Analisis kesalahan Newman pada soal cerita matematis (Newmans error analysis in mathematical word problems). Jurnal Paradikma (Online) Vol. 8 No. 01, (http://digilib.unimed.ac.id/1368/ diakses 02 Januari 2020)
Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan, diakses 06 Januari 2020)
Kemendikbud. 2019. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas, diakses 06 Januari 2020)
Kurnia Wijaya, Y., & Setyaningsih, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII (SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo) Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta (Online) (http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/61711, diakses 06 Februari 2020)
Nadhiroh, A. U. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII-B MTsN Kepanjenkidul Kota Blitar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung
OECD (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing (http://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-en.htm, diakses 06 Januari 2020)
Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Online) Vol. 4 No. 01, (http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/1157/482/, diakses 06 Februari 2020)
Rahmah, N dkk. (2019). Analisis Miskonsepsi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Siswa Kelas VIII SMP Buq’atun Mubarakah Kota Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol: 11, Edisi 2, 143-151 tahun 2019.
Usman, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Makassar. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol: 12, Edisi 1, 110-118 tahun 2020.
White, A. L., (2005). “Active Mathematics in Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistake and then doing Something to Help Them”. Square One:15-19. (http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.472.9065&rep=rep1&type=pdf, diakses 06 Januari 2020)
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.