ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI KELAS VIII MTS N 6 BANTUL

Erika Yudhi Rengganis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan video sebagai solusi pembelajaran matematika online di kelas VIII MTs N 6 Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 6 Bantul, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. dimana pembelajaran dilakukan secara online, menunjukkan respon yang sangat positif dengan skor rata-rata 3,50 Aspek penilaian sendiri terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal Penilaian tersebut termasuk dalam kategori sangat positif yang menunjukkan skor keseluruhan yang dimiliki siswa. persepsi yang sangat positif terhadap video pembelajaran matematika kelas VIII ini

Keywords


students perception; math learning video; online learning

Full Text:

PDF

References


Busyaeri, A., dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Tethadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1), 116-137.

Jatmiko, P. D., dkk. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Edcomtech, 1(2), 153-156.

Lubis, S. P. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Jurnal Dedikasi, 1(2), 169-174.

Malinda, A. (2019). Skripsi: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Autoplay Media Studio 8 SMA Kelas X. UIN Raden Intan, Lampung.

Putria, H., dkk. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872.

Rachmadina, D. (2020). Skripsi: Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Powtoon Dengan Pendekatan Kontekstual. UIN Raden Intan, Lampung.

Romandhona A., & Jayanti P. P. (2021). Penerapan Teori Clark Leonard Hull Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 10-18.

Rosiyanti, H., dkk. (2020). Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Salim, K., & Pitriani. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Xaverius 1 Palembang. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 56-63.

Susilo, A., dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45-67.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: