HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KOTA MAKASSAR

Andi Quraisy, Agus Agus

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan atau korelasi antara efikasi diri dan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 229 siswa dari kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makasar tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified Proportional Random  Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan instrument angket efikasi diri dan angket motivasi belajar. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menggunakan analisis korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwaBerdasarkan hasil perhitungan teknik analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,738. Korelasi kedua variable tersebut berada pada kategori kuat. Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar. Semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pila motivasi belajar. Sebaliknya semakin rendah efikasi diri maka semakin rendah pula motivasi belajarsiswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Makassar.

Keywords


Korelasi, Efikasi Diri, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Bandura. A. 1997. Self-efficaci Toward A Unfying Theory of Behafioral Psychology. Review.

Endah, Widiarti. 2018. Pengaruh Motvasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X. Skripsi (Online), (http://eprints.uny.ac.id, diakses 20 Juni 2020).

Hendriana, Heris dkk. 2018. Hard Skills dan Soft Skills Mateatika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Husna, Raudhatul, dkk. (2018) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika. 3(2)

Purwanto. (2011). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Riduwan & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung : Alfabeta.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputra, Yudi Dwi. 2017. Hubungan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Bravo’s Jurnal, Vol. 5, No. 1, Tahun 2017, hal. 11.

Sumantri Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Depok: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. 2017. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Umniyyati, Risqa. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri, dan Harga Diri pada Kinerja Perawat RSUD Ungaran. Skrisi (Online), (lib.ennes.ac.id, diakses 6 Juni 2020)




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.5325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.