MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERING (REACT)

Muhammad Rizal Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong setelah diterapkan strategi pembelajaran Relating, Expreriencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong yang berjumlah 32 orang. Penelitian  ini dilaksanakaan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan prosedur setiap tindakan terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes  kemampuan komunikasi matematis, dan angket respon siswa. Pengelolahan data hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Relating, Expreriencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa  kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong dari siklus I dan siklus II. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas  VII A SMP Negeri 1 Barombong pada siklus I mencapai 56,25 kemudian pada siklus II mencapai 77,19 dari skor ideal 100. Pada siklus I persentase rata-rata keseluruhan aktivitas siswa sebesar 51,667% meningkat menjadi 73,749%.

Keywords


Komunikasi Matematis, Strategi Pembelajaran Relating, Expreriencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT)

Full Text:

PDF

References


Alamolhodaei, H. 2000. Student’s Cognitive Style and Mathematical Word Problem Solving. Journal of the Korea society of Mathematical Education Series D : Research in Mathematical Education. Vol 6, No 2, pp 171-182. (dikutip pada tanggal 20 Januari 2019).

Arifin, A.T. dkk. 2014. Keefektivitas Strategi Pembelajaran REACT pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, Vol. 5, No. 1, 2014.

Crawford, Teaching and Learning. 2001. Research, Rationale, and Techniques for Inproving Motivation and Achievement In Mathematics and Science, Waco, Texas, CCI Publishing.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Materi Pelatihan Terintegrasi Buku 3 Matematika. Jakarta : Departeman Pendidikan Nasional.

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Musna, Ria Rimfani. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi REACT pada Siswa MTs/SMP. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif ; Konsep, Landasar, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan, Ed. 1,Cet-4. Jakarta: Kencana.

Usman. M.R. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Derivat, Vol. 4 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.5295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: