MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERING (REACT)
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.5295Keywords:
Komunikasi Matematis, Strategi Pembelajaran Relating, Expreriencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong setelah diterapkan strategi pembelajaran Relating, Expreriencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakaan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan prosedur setiap tindakan terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan komunikasi matematis, dan angket respon siswa. Pengelolahan data hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Relating, Expreriencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya skor rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong dari siklus I dan siklus II. Kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Barombong pada siklus I mencapai 56,25 kemudian pada siklus II mencapai 77,19 dari skor ideal 100. Pada siklus I persentase rata-rata keseluruhan aktivitas siswa sebesar 51,667% meningkat menjadi 73,749%.References
Alamolhodaei, H. 2000. Student’s Cognitive Style and Mathematical Word Problem Solving. Journal of the Korea society of Mathematical Education Series D : Research in Mathematical Education. Vol 6, No 2, pp 171-182. (dikutip pada tanggal 20 Januari 2019).
Arifin, A.T. dkk. 2014. Keefektivitas Strategi Pembelajaran REACT pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. Jurnal Kreano, Vol. 5, No. 1, 2014.
Crawford, Teaching and Learning. 2001. Research, Rationale, and Techniques for Inproving Motivation and Achievement In Mathematics and Science, Waco, Texas, CCI Publishing.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2006. Materi Pelatihan Terintegrasi Buku 3 Matematika. Jakarta : Departeman Pendidikan Nasional.
Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Musna, Ria Rimfani. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Strategi REACT pada Siswa MTs/SMP. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif ; Konsep, Landasar, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan, Ed. 1,Cet-4. Jakarta: Kencana.
Usman. M.R. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Model Alberta. Jurnal Derivat, Vol. 4 No. 2.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.