PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP XAVERIUS 1 PALEMBANG

Kurniawan Salim, Pitriani Pitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Desain penelitian eksperimen ini adalah One Group Pretest – Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Xaverius 1 Palembang yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan melakukan Random Sampling pada kelompok anggota populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VII. A SMP Xaverius 1 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk 3 soal uraian. Setelah data diperoleh terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Paired-Sample-T-Test. Data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa perlakuan PBL memiliki rata-rata 76,11 yaitu lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata sebelum diberi perlakuan yaitu 43,61. Perbedaan ini juga diperkuat dengan hasil Uji Paired-Sample-T-Test menggunakan program SPSS yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan PBL terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Xaverius 1 Palembang.


Keywords


Problem Based Learning; Kemampuan Koneksi Matematis; Siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Astridayani, A. (2017). Analisis Kemampuan Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 31 Semarang pada Materi Perbandingan. Dipetik Juni 16, 2019, dari http://eprints.walisongo.ac.id/7830

Herman, T. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, 41 - 62.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: National Council of Teachers of Mathematics.

Paloloang, M. F. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persegi Panjang di Kelas VIII SMP Negeri 11 Palu. Jurnal Elektornik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), xx - yy.

Pitriani, P. (2020). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Curup Annual Conference on Math (CACM) (hal. 1 - 5). Curup, Bengkulu: IAIN Curup.

Prima, E. C. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Elastisitas pada Siswa SMA. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyorini, U. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiman, S. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Dipetik Mei 12, 2019, dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2008_Koneksi_Mat.Pdf




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v13i1.5229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA




Flag Counter

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats