EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEP PENJUMLAHAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4378Keywords:
Efektivitas, Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar, Konsep PenjumlahanAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan model pembelajaran Talking Stick efektif dalam pembelajaran konsep penjumlahan siswa kelas I SDN No.9 Bone-Bone Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran matematika melalui penggunaan model pembelajaran Talking Stick konsep penjumlahan pada siswa kelas I SDN No.9 Bone-Bone Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar, ditinjau dari 3 indikator yaitu: 1) Hasil belajar matematika, 2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika, 3) respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Desain penelitian ini adalah penelitian pra-experiment designs dengan jenis one group pretest-posttest design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperiment. Adapun cara pengambilan sampel yaitu sampel jenuh (sampling jenuh). Populasinya adalah siswa kelas I SDN No.9 Bone-Bone Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas I sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakana tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata hasil belajar matematika sebelum penggunaan model pembelajaran Talking Stick konsep penjumlahan adalah 64,81 dengan standar deviasi 16,184. (2) skor rata-rata hasil belajar matematika setelah penggunaan model pembelajaran Talking Stick konsep penjumlahan adalah 80,74 dengan standar deviasi 12,1990. (3) terjadi hasil peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Talking Stick konsep penjumlahan dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,51 dalam klasifikasi sedang. Rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 85,18% dan dari angket respon siswa memperoleh tanggapan positif sebesar 87,40%. Dari uraian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick efektif pada pembelajaran konsep penjumlahan siswa kelas I SDN No.9 Bone-Bone Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar.References
Huda, Miftahul. 2018. Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Junaidi Ahmad Muhli. 2011. Efektivitas Pembelajaran. (Online), (https://ahmadmuhli. wordpress.com/2011/08/02/efektivitas-pembelajaran/.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.2015. Ragam Model Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Oktarini, E dan Lutfiati,D. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Langsung pada Standar Kompetensi Melakkan Depilasi di Kelas XI SMKN 6 Surabaya.E-Journal edisi yudisium Februari 2013, 1-9.
Sadjana, Nana. 2005. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sumantri, Mohamad Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiono.2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahri, Andi Alim. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar. http://103.55.216.56/index.php/Mapan/article/viewFile/1125/1108
Taniredja,Tukiran dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)
Uno Hamzah dan Nurdin Mohamad.2017.Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahab, Rohmalina. 2016.Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Yusuf, Muri.2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.