EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE INQUIRY BERBASIS KUIS SISWA KELAS VIII SMP

Ainul Fitriah Ramadhani, Andi Husniati

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Keefektivan Penerapan Metode Inquiry Berbasis Kuis dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII.F SMP Negeri 4 Kepulauan Selayar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini mengacu pada kriteria keefektifan pembelajaran, yaitu: hasil belajar yang meliputi ketuntasan belajar secara individu dan klasikal, serta gain atau peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, respon siswa terhadap proses pembelajaran dan, keterlaksanaan pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest Peosttest design. Sampel eksperimennya adalah siswa kelas VIII.F SMP Negeri 4 Kepulauan Selayar dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa, serta lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: skor rata-rata pretest 52,21 dan skor rata-rata posttest 81,67 dengan standar deviasi masing-masing pretest 17,85 dan posttest 6,21. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 22 dari 24 siswa atau 91,7% telah mencapai ketuntasan individual dan ini berarti ketuntasan klasikal telah tercapai. Selain itu terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Inquiry Berbasis Kuis dimana nilai rata-rata siswa gain ternormalisasi yaitu 0,62 berada pada kategori sedang dengan rentang interval 0,30 ≤ g < 0,7. Rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 86,60% dan berada dalam rentang 85% - 100% maka aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif. Siswa memberikan respon positif dimana rata-rata persentasenya adalah 98,85%. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran atau kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah 3,76 dan umunya berada pada kategori sangat baik karna berada dalam rentang 3,5 < KG ≤ 4,0. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh nilai Pvalue> α yaitu 0,200 > 0,05 berada pada kategori normal dan nilai p (sig.(2-tailed)) adalah 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar (posttest) siswa lebih dari KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Metode Inquiry Berbasis Kuis efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII.F SMP Negeri 4 Kepulauan Selayar.

Keywords


Efektivitas Pembelajaran Matematika; Inquiry Berbasis Kuis

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahya, Bisono Indra. 2013. Klasifikasi normalisasi gain. (online), (https://www.slideshare.net/indraf13/jurnal-07520244086-bisono-indra-cahya diakses 4 Juni 2018)

Damanic Ericson. 2015. Pengertian dan tinjauan tentang respon siswa menurut ahli.(online),(http://pengertian-pengertianinfo.blokspot.co.id/2015/11/pengertian-dan-tinjauan-tentang-respon.html,belajar.html diakses 01 Juni 2018)

Al-tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran (Inovatif, Progesif, dan Kontekstual). Jakarta: Kencana.

Fitri Nurul. (2017) Kategori aktivitas siswa. (online), (https://www.slideshare.net/sinupid/peningkatan-hasil-belajar-siswa diakses 4 Juni 2018)

Grepetter, Frederik J Lori ANN. B. 2013. Research Methods for the Behavioral Sciences. (Usa: Canggage Learning).

Gholami, Valeh. The Effect of Weekly Quizzes on Students‘ Final

Achievement Score.International Journal of education. No. 1.

Hasratuddin. 2013. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal pendidikan matematika.

Indrawan Rully & Yaniawati Poppy. 2016. Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan). Bandung: Refika Aditama.

Kurniasih Imas & Sani Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Majid Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E. 2016. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maurer. 2013. Using Reading Guides and On-line Quizzes to Improve Reading Compliance and Quiz Scores. International Journal of education.

Rohmah, Siami. 2011. Penggunaan Metode Permainan Kuis Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok Bangun Datar Dan Bangun Ruang Peserta Didik Kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek. (Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan).

Rilatul Annifa, Anna. 2011. Metode ekspositori dengan pemberian kuis sebagai upaya peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XI Penjualan SMK Negeri 7 Yogyakarta. (Yogyakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan).

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Rajawali Pers.

Rofiah Fikrotur. (2015) definisi aktivitas belajar. (online), (http://www.eurekapendidikan.com/2015/10/definisi-aktivitas-belajar.html, di akses 01 Juni 2018)

Sahaja, Irwan. 2014. Pengertian Pembelajaran Matematika. (online) (http://irwansahaja.blogspot.com/2014/06/pengertian-pembelajaran-matematika.html, di akses 04 Juni 2018)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Thok Fatur. (2013), kategori KKM departemen pendidikan dan kebudayaan. (online),(https://www.google.co.id/search?q=kategori+kkm+departemen+pendidikan+dan+kebudayaan&source=lnms&sa=X&ved=0ahUKEwiv6Y71lunTAhVMOY8KHdHWBxkQ_AUICSgA&biw=1366&bih=659&dpr=1 diakses 4 Juni 2018)




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: