ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs. MUJAHIDIN PALEMBANG

Eka Nurvela, Malalina Malalina, Rika Firma Yenni

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam materi bangun ruang balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Mujahidin Palembang yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif. Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan rincian indikator Memahami masalah dengan presentase 99% dalam kategori “sangat baik”; Merencanakan penyelesaian dengan presentase 91% dalam kategori “sangat baik”; Melaksanakan rencana dengan presentase 58% dalam kategori “cukup”; Menafsirkan hasil yang diperoleh dengan presentase 16% dalam kategori “sangat rendah”. 

Keywords


analisis; pemecahan masalah; matematis

Full Text:

PDF

References


Amilda, M. A. (2009). Kesulitan Belajar. Palembang: Rafah Press.

Branca, N.A. (1980). “Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skill”, dalam Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics. inc.

Wardhani, S. (2010). Pembelajaran dan Penilaian Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Yogyakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Kesumawati, N. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. (Disertasi). Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Oktaviana, D. V., Syafrimen, S., & Putra, R. W. Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Ix Mts Dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa Pada Konten Perubahan Dan Hubungan. Jes-Mat (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1), 47. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.909

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA




Flag Counter

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats