ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 57 PALEMBANG MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Nadya Haura Hilyani, Pitriani Pitriani, Malalina Malalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis sehingga diperoleh gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII pada SMP Negeri 57 Palembang sebanyak 20 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut masih ada yang tergolong rendah. Dari data yang didapat 20 siswa, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Banyak siswa masih keliru dalam indikator memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih belum terbiasa mengerjakan soal- soal pemecahan masalah sehingga perhitungan penyelesaian masalah, selain itu siswa rata-rata tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dibuat. Siswa perlu sering dilatih untuk mengerjakan soal- soal pemecahan masalah agar kemampuan pemecahan masalah mereka bisa meningkat, siswa diharapkan akan lebih teliti dalam memahami permasalahan, menentukan jawaban, serta mmeriksa kembali jawaban yang telah dibuat.


Keywords


kemampuan pemecahan masalah; aritmatika sosial; siswa SMP

Full Text:

PDF

References


Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Hidayat, W. & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient SIswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Kesumawati, Nila. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (Online). Tersedia: https://mail.google.com/mail/u/0/#inbox/15d93d45b6caf8a (15 Mei 2020 )

Maleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mariam, S., Rohaeti, E.E., & Sariningsih, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156-162.

Suherman, E. Dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA




Flag Counter

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats