DEVELOPMENT OF GEOGEBRA SOFTWARE BASED ON MATHEMATICS LEARNING MEDIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Software GeoGebra pada materi geometri yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model 4D oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran matematika berbasis Software GeoGebra. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 5 Enrekang dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket respon sisiwa, angket respon guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi media pembelajaran yaitu M=3,5, RPP M=3,56, LKS M=3,62, dan THB M=3,55 yang berarti “sangat valid”. Adapun hasil validasi petunjuk penggunaan media yaitu M=3,28, lembar pengamatan aktivitas siswa M=3,44, angket respon siswa M=3,37 yang berarti “valid”, dan angket respon guru M=3,37; (2) Praktis berdasarkan analisis data respon siswa terdapat 80% siswa yang memberi respon positif, sedangkan guru memberikan respon positif 100%; (3) Efektif berdasarkan pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dalam kategori sangat baik yakni 80% dan tes hasil belajar berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 76,75 dari skor ideal 100. Oleh karena itu, pada tahap uji coba yang dilaksanakan, media pembelajaran matematika berbasis Software GeoGebra pada materi geometri telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat bantu Media Pengajaran. Jogyakarta: Diva Perss.
Ekawati, Aminah. (2016). Penggunaan Software GeoGebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148-153.
Khalil, Muhammad, et al., (2018). The Development of mathematical Achievement in Analytic Geometry of Grade-12 Students through GeoGebra Activities. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1453-1463.https://doi.org/10.29333/ejmste/83681
Mimbadri, Yuris., dkk., (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif online Classflow Berbantuan Software Geogebra pada Materi Integral Luas Daerah. Jurnal Majamath, 2(2), 121-130.
Muchtadi dan Noni Widiani. (2014). Pembelajaran Teorema Phythagoras menggunakan Software Geogebra Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 72-82.
Nugroho, Aji Arif., dkk., 2017. “Pengembangan Blog sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197-203.
Pangesti, Fitraning Tyas Puji dan Endah Retnowati. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Geometri SMP Berbasis Cognitive Load Theory Berorientasi pada Prestasi Belajar Siswa.” PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 33-46.
Perienen, Appavoo. (2020). Frameworks for ICT Integration in Mathematics Education-A Teacher’s Perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(6), 1305-8223. https://doi.org/10.29333/ejmste/7803
Permatasari, Putri Ayu., dkk., (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Schoology Berbantuan Software Geogebra Materi Transformasi Geometri Kelas XI. Jurnal Kadikma, 7(1), 66-75.
Putriani, Deary., dkk., (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Program Construct 2 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas 8. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 1-10.
Putrawan, Agus Adi., dkk., 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP.” Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, 3, 1-14.
Saputro, Bagus Ardi., dkk., 2015. “Media Pembelajaran Geometri menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Geogebra.” Jurnal Matematika Kreatif dan Inovatif (KREANO), 6(1), 33-38.
Safei, Muh. (2013). Teknologi Pembelajaran Berbasis TIK. Makassar: UIN Alauddin Makassar.
Sari, Fiska Komala., dkk., 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan.” Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135-152.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti.
Sudjana dan Ahmad Rifa’i. (2007). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Walid, Ismail. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar. (Skripsi) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
Wassie, Yismaw Abera. (2019). Some of the Potential Affordances, Challenges and Limitations of Using GeoGebra in Mathematics Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(8), 1-11. https://doi.org/10.29333/ejmste/108436
Zulnaidi, Hutkemri. (2017). The Effectiveness of the GeoGebra Software: The Intermediary Role of Procedural Knowledge On Students’ Conceptual Knowledge and Their Achievement in Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155-2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i2.4119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.