EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Damanik, ericson. 2015. Pengertian dan Tinjauan Tentang Respon Siswa Menurut Ahli,(online),(http://pengertian–pengertian info.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-dan-tinjauan-tentang-respon.html, diakses 30 Maret 2018).
Darmawati, dkk(2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar biologi kelas VIII SMPN 2 Pekan Baru. http://jurnal PMIPA FKIP Universitas Pekan Baru (online) diakses pada 26 Mei 2018.
Dian dkk . 2011. Upaya meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togethert (NHT) pada Poko Bahasan Segitiga Kelas VII C semester 2 Negeri 7 Salatiga Tahun ajaran 2011/2012. Jurnal, 1-10.
Faradila, dkk (2017). Keefektifan model pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan koneksi matematis kelas VIII materi sistem persamaan linear dua variabel. http://jurnal.unimus.ac.id diakses pada 26 Mei 2018
FKIP Unismuh Makassar. 2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press.
Huda,2017. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indaryanti, dkk(2016). Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe inside outside circle (IOC) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang. http://repository.uksw.edu Mahasiswa program studi Matematika FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga diakses pada 26 Mei 2018
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.
Nirmalasari, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Jurnal Edusains, 4 (2).
Prihati,dkk(2017). Penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan pemahaman konsep. Http://jurnal.uisu.ac.id Mahasiswa program studi Pendidikan Matematika STKIP insan Madani (online) diakses pada 26 mei 2018
Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rusman.2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. RajaGrafindoPersada.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung : IKAPI
Suhendri, huri. 2011. Pengaruh Kecerdasan Matematis – Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1) : 29-39.
Suprijono, A. 2015. Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Tahirman, W. 2013. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended Problem Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Larompong Kabupaten Luwu. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : FKIP Unismuh Makassar.
Tiro, M. A. 2008..Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yunitasari, dkk (2014). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa pada materi bilangan buat kelas VII SMPN 1 Bringin. http://jurnal FKIP universitas Kristen Satya Wacana (onine) diakses pada 26 mei 2018
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.