GAMBARAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TES DIAGNOSTIK THREE-TIER TEST

Andi Nur Fatimah Ahmad, Hamzah Upu, Bernard Bernard

Abstract


Penelian ini bertujuan  untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep peserta didik mengenai materi bilangan pada Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran dengan menggunakan desain eksplanatoris sekuensial. Pengambilan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan model tes diagnostik Three-Tier Test kepada peserta didik yang kemudian dari hasil tersebut terpilih 15 subjek penelitian yang mengalami miskonsepsi berdasarkan dengan kategori yang ada. Instrumen yang digunakan adalah model tes diagnostik Three-Tier Test, terdiri dari 7 butir soal Bilangan Bulat dan 15 butir soal Pecahan, serta pedoman wawancara. Miskonsepsi yang ditemukan kemudian dikategorikan berdasarkan kategori Miskonsepsi oleh Kirbulut dan Geban yang terdiri dari 3 jenis miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kualitatif miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik terdapat pada indikator menjelaskan dan menentukan urutan pada Bilangan Bulat (positif dan negatif); Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa Bilangan Bulat; Menjelaskan dan melakukan operasi hitung Bilangan Bulat memanfaatkan berbagai sifat operasi; Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung Bilangan Bulat; Menjelaskan dan menentukan urutan pada pecahan (biasa, campuran, desimal, persen); Menjelaskan dan melakukan operasi hitung Pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi; dan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan oleh guru untuk meminimalkan terjadinya miskonsepsi.

 

This research aims to find out an overview of conceptual understanding about Numbers by using Three-Tier Diagnostic Test Model in grade VII. Type of research in this study is Mixed Method research using an explanatory sequential design. Subject selection in this study was conducted by using Three-Tier Diagnostic Test Model to the students, which then from the results selected 15 research subjects who experience misconceptions based on the existing categories. The instrument used was a Three-Tier Diagnostic Test Model that consists of 7 questions about Integers and 15 questions about Fractions along with interview guidelines. Misconceptions found are then categorized based on misconception category by Kirbulut and Geban which consists of 3 types of misconceptions. The results of the study show that qualitatively the misconceptions experienced by the students are in the indicators explain and determine the order on the Integers (positive and negative); Solve the problem related with the order of some Integers; Explain and perform arithmetic operations of Integers by utilizing the various properties of the operation; Solve problems related to arithmetic operations of Integers; Explain and determine the order on the Fractional (ordinary, mixture, decimal, percent); Explain and perform arithmetic operations of Fractions by utilizing the various properties of the operation; and Solve problems related to arithmetic operations of Fractions. The results of this study are expected to be used by the teachers to minimize the occurrence of misconceptions.


Keywords


Konsep bilangan, tes diagnostic, three-tier test ( Number concepts, diagnostic test, three-tier test)

Full Text:

PDF

References


Asbar. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Persamaan Linear Satu Variabel dengan Menggunakan Three-Tier Test. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Cresswell, J. W & Clark, V. L. P. (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Los Angeles: SAGE Publications.

Darwan. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Memahami Konsep Pecahan Sederhana Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Fitriah, L. (2017). Diagnosis Miskonsepsi Peserta didik. pada Materi Kalor dengan Menggunakan Three-Tier Essay dan Open-Ended Test Items. Berkala Ilmiah Pendidika Fisika, 5(2). 168-181.

Handayani, A. R. (2018). Penggunaan Tes Diagnostik (Three Tier dan Four Tier) untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional MIPA IV (pp. 144- 148). Banda Aceh, Indonesia: Universitas Syiah Kuala.

Istiyani, R., Muchyidin, A., & Rahardjo, H. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Konsep Geometri menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Cakrawala Pendidikan, 37(2). 223-236.

Kirbulut, ZD & Geban, O. (2014). Using Three-Tier Diagnostic Test to Assess Students’ Misconceptions of States of Matter. Eurasia Journal of Mathematics, Science dan Technology Education, 10(5). 509-521.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: