IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Ajmain Ajmain, Herna Herna, Sitti Inaya Masrura

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dikelas VII  MTs yayasan Perama Tutallu pada materi segitiga dan segiempat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah teshasil belajar, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dengan mengimplementasikan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajarsiswa

Keywords


Implementasi, etnomatematika, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Kuntarto. 2017. “Etnomatematika: Model Baru Dalam Pembelajaran”. JURNAL GANTANG, 2, 2, hal 133-144.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.Ghalia Indonesia. Cetakan I. Bogor.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.

Heryan Umaedi ,2018. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Mateatika Raflesia. Vol, 3 No 2(Online) p-ISSN: 2548-4435 e-ISSN: 2615-8752 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Kemendikbud. Pusat Penilaian Pendidikan. Diakses dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un. 28 Februari 2019

Mappease, Yusuf. 2009. “Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar”. Jurnal Medtek, 1, 2.

Nafi’ah Istinganatun, 2016. Meningkatkan hasil belajar matematika yang diterapkan pada materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang. (Skripsi).Institut Agama Islam Negri Salatiga.

Nofitasari, Mastur dkk. 2015. “KeefektifanModelPembelajaranTutorSebayaBernuansa EtnomatematikaTerhadapKemampuanPemecahanMasalah PesertaDidikPadaMateriSegiempat”. Unnes Journal of Mathematics Education, 4, 3, ISSN 2252-6927

Nur’aini, Harahap dkk. 2017. “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra”. Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16, 2, ISSN: 1412-5056 / 2598-8980.

Nurliastuti, Dewi dkk. 2018. “Penerapan Model PBLBernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal PRISMA, 1, hal. 99-104..

Richardo. 2016. “Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013”. Jurnal Literasi, 7, 2, hal. 118-125.

.Sirate. 2012 . “Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar”. Jurnal Lentera Pendidikan, 15, 1 hal. 41-54.

Sulastri, Imran dkk. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3, 1, hal. 90-103.

Susanto, Ahmad. 2016. “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamadia Group.

Trisnawati. 2014. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Pada Kelas Iv Di Sd Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta”. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Trianto. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research) Teori & Praktik. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

Wahyudi. 2015. “Aktivitas Etnomatematika pada Budaya Lokal Masyarakat Etnis Lampung di Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat”. (Skripsi), Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Wahyuni, Tias dkk. 2013. “Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa”. Prosidding, ISBN : 978–979–16353–9–4, hal. 113-118

Zahroh Umy, 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Ethnomatika. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: