IMPLEMENTASI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, Kuntarto. 2017. “Etnomatematika: Model Baru Dalam Pembelajaran”. JURNAL GANTANG, 2, 2, hal 133-144.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta
Basrowi. 2008. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas.Ghalia Indonesia. Cetakan I. Bogor.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Heryan Umaedi ,2018. Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Mateatika Raflesia. Vol, 3 No 2(Online) p-ISSN: 2548-4435 e-ISSN: 2615-8752 https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Kemendikbud. Pusat Penilaian Pendidikan. Diakses dari https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un. 28 Februari 2019
Mappease, Yusuf. 2009. “Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar”. Jurnal Medtek, 1, 2.
Nafi’ah Istinganatun, 2016. Meningkatkan hasil belajar matematika yang diterapkan pada materi sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V MI Al-Huda Munggangsari 2 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang. (Skripsi).Institut Agama Islam Negri Salatiga.
Nofitasari, Mastur dkk. 2015. “KeefektifanModelPembelajaranTutorSebayaBernuansa EtnomatematikaTerhadapKemampuanPemecahanMasalah PesertaDidikPadaMateriSegiempat”. Unnes Journal of Mathematics Education, 4, 3, ISSN 2252-6927
Nur’aini, Harahap dkk. 2017. “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra”. Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16, 2, ISSN: 1412-5056 / 2598-8980.
Nurliastuti, Dewi dkk. 2018. “Penerapan Model PBLBernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal PRISMA, 1, hal. 99-104..
Richardo. 2016. “Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013”. Jurnal Literasi, 7, 2, hal. 118-125.
.Sirate. 2012 . “Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar”. Jurnal Lentera Pendidikan, 15, 1 hal. 41-54.
Sulastri, Imran dkk. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3, 1, hal. 90-103.
Susanto, Ahmad. 2016. “Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamadia Group.
Trisnawati. 2014. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Pada Kelas Iv Di Sd Negeri Godean 2 Sleman Yogyakarta”. (Skripsi), Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Trianto. 2011. Panduan Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research) Teori & Praktik. Prestasi Pustakaraya. Jakarta.
Wahyudi. 2015. “Aktivitas Etnomatematika pada Budaya Lokal Masyarakat Etnis Lampung di Pulau Pisang Kabupaten Pesisir Barat”. (Skripsi), Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Wahyuni, Tias dkk. 2013. “Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa”. Prosidding, ISBN : 978–979–16353–9–4, hal. 113-118
Zahroh Umy, 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Ethnomatika. http://blog.iain-tulungagung.ac.id/red-c/wp-content/uploads/sites/109/2018/04/RED-C_Penerapan-Pembelajaran-Etnomatematika.pdf
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3910
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.