MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES

Muh. Satria

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 25 Bulukumba pada semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIA SMP Negeri 25 Bulukumba dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan 25 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus tiap siklus terdiri dari lima kali pertemuan. Pada pelaksanaanya pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples merupakan suatu tindakan yang diberikan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 25 Bulukumba meningkat dari siklus I ke siklus II. Setelah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples selama dua siklus, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa pada siklus pertama berada pada ketegori rendah, dengan skor rata-rata 63,19. Skor tertinggi 92 dan skor terendah 30 dari skor maksimal yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 20,54. (2) Hasil belajar matematika siswa pada siklus kedua berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 87,57. Skor tertinggi 100 dan skor terendah 60 dari skor maksimum yaitu 100 dengan standar deviasi 10,97. (3) Dari hasil analisis menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi, yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 25 Bulukumba, maka dari itu model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa Kelas VIIA SMP Negeri 25 Bulukumba

Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran Kooperatif, Examples Non Examples

Full Text:

PDF

References


Alimin umar, Nurbaya Kaco. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: UNM

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. 2012. Teori Belajar dan pembelajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Junaedi Wawan 2018. Belajar Matematika, (Online), www.wawan-junaidi.blogspot.com, (05 September 2018).

Hamdani. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka setia

Harini Nur, Dewi dan Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jakarta: Pustaka pelajar.

Tifah, Wardah. 2088. Metodologi Penelitian tersedia pada, (Online), http://www.laardi.co.cc/2010/02/metodologi-penelitian-skripsi-tifah.html, (04 September 2012).

Tiro, Muhammad Arif. 2000. Dasar-Dasar Statistika. Makasar: State Univercity of Makassar Press.

Pengertian Efektivitas Pembelajaran, 2018. (Online), www.pengertiandefinisi.com, (04 September 2018).

Sirakbar kurniawan, 2011. penerapan-metode-pembelajaran-examples-non-examples-dalam-meningkatkan-motivasi-belajar-dan-hasil-belajar. www.rumah kita.com (03 September 2018).




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v12i1.3901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.