PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMAN 8 MAKASSAR

Ilhamuddin Ilhamuddin

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis Higher Order Thinking bagi siswa SMA Negeri 9 Makassar. Bahan ajar yang di maksud berupa bahan ajar berbasis Higher Order Thinking serta soal evaluasi untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan bahan ajar matematika berbasis Higher Order Thinking. Selain itu melalui bahan ajar ini, siswa menjadi terbiasa berpikir tingkat tinggi sehingga mampu menyelesaikan setiap permasalahan matematika yang diberikan. Dari penelitian ini diperoleh peningkatan rata-rata ke mampuan pemecahan masalah matematis siswa dari 57,50 menjadi 87,90. Dengan demikian pengembangan bahan ajar matematika berbasis HOTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Keywords


HOTS, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Aydoğdu, M., & Ayaz, M. F. (2008). The Importance Of Problem Solving In Mathematics Curricu- lum. Physical Sciences, 3 (4), 538-545.

Bradshaw, Z., & Hazell, A. (2017). Developing problem- solving skills in mathematics: a lesson study. In- ternational Journal for Lesson and Learning Stud- ies, 6 (1), 32-44..

Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. In PRISMA, Prosiding Semi- nar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal HOTS Pada Kurikulum 2013. EDUDEENA, 2(1), 59-76.

Fauziah, A. (2010, June). Peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematik siswa SMP melalui strategi REACT. In Forum kependidikan (Vol. 30, No. 1, pp. 1-13).

Mataka, L. M., Cobern, W. W., Grunert, M. L., Mutam- buki, J., & Akom, G. (2014). The effect of using an explicit general problem solving teaching ap- proach on elementary pre-service teachers’ ability to solve heat transfer problems. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 2 (3), 164-173.

Sumaryanta, (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8 (8), 500-509.

Windari, F. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2).

Zohar, A. (2013). Challenges in wide scale implemen- tation efforts to foster higher order thinking (HOTS) in science education across a whole wide system.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: