ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

andi Reski Ayu Lestari, ilhamminggi (Ilham), Ikhbariaty Kautsar Qadry

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang tidak dilengkapi dengan langkah-langkah atau prosedur yang sesuai. Penelitian ini dilakukan di MTs. Syekh Yusuf  kelas IX.B dengan jumlah siswa 31 orang, jumlah subjek dipilih sebanyak 3 orang yang memilki kesalahan terbanyak pada tes geometri. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan  yang dilakukan siswa dala menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes geometri, tes soal cerita dan wawancara. Tes geometri yang berupa tes pilihan ganda diberikan kepada seluruh siswa dengan tujuan untuk menentukan subjek penelitian. Tes soal cerita bangun ruang sisi datar diberikan kepada subjek penelitian, dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk ditentukan jenis kesalahan yang dilakukan. Selanjutnya dilakukan wawancara kepada subjek penelitian dengan tujuan untuk mengtriangulasi temuan dari tes soal cerita. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan subjek meliputi kesalahan membaca (reading error) yaitu tidak dapat menjelaskan dari beberapa istilah yang telah disebutkan sebelumnya, kesalahan memahami masalah (comprehension error) yaitu tidak dapat memahami sebagian makna dari apa yang diketahui dan ditanyakaan pada soal, kesalahan transformasi (transformation error) yaitu tidak dapat menggunakan rumus yang tepat dan tidak bisa mentransformasi infomasi yang terdapat pada soal sehingga rumus yang digunakan tidak tepat untuk menyelesaikan soal, kesalahan keterampilan proses (process skill error) yaitu menggunakan rumus yang tidak tepat dan tetap melakukan proses perhitungan yang sesuai meskipun tidak memperoleh penyelesaian yang benar dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error)  yaitu tidak dapat menyimpulkan dengan benar dari hasil pekerjaannya dan tidak menemukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan soal, karena menggunakan rumus yang salah sebelumnya.

Keywords


Analisis Kesalahan Newman, Soal Cerita, Bangun ruang Sisi Datar

Full Text:

PDF

References


Asmarani, A. D. (2016). Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VII SMP Aloysiusturi Tahun Ajaran 2015/2016 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Topik Bilangan Bulat Berdasarkan Prosedur Newaman. Yogjakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Sanata Dharma.

Humaerah, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal pada Materi Geometri dengan Prosedur Newman Kelas VIII MTs Muhammadiyah Tanete Kabupaten Jeneponto. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar. Uin Alauddin.

Pratama, S. D. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Runag Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII B SMP Institut Indonesia. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogjakarta. Universitas Sanata Dharma.

Utami, A. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Bahasan Komposisi Fungsi di SMK Bakti Purwekerto. Alpha Math, (Online), Vol. 3, No.2. (http://jurnalnasional.ump.ac.id, diakses pada 8 Juni 2019).

Yuningsih, N. (N.D.). Analisis Pemahaman Tentang Pengetahuan Faktual Konseptual dan Spritual pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IX SMP Ummul Mukminin Makassar. . Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA




Flag Counter

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats