KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2015. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Coban, Merve. 2015. Mathematical Problem solving: Variables that Affect Problem Solving Success. International Research in Education, (Online),Vol.3,No.2, (www.macrothink.org/journal/index.php/ire/article/viewfile/7582/6571, diakses 12 Mei 20180).
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Falach. 2016. Perbandingan Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika pada siswa SMP, (Online), (https://journal.uny.ac.id, diakses 19 Agustus 2018)
Hariyanto & Suyono. 2015. Pembelajaran problem solving, (Online), (repopsitory.unpas.ac.id, diakses 8 Mei 2018).
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jabar. 2015. Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, (Online), (http://media.neliti.com, diakses 19 Agustus 2018)
Kasmita, Reni maya. 2017. Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian dan Pembagian di Kelas III MIN Mesjid Raya Banda Aceh, (Online), (http://repository.ar-raniry.ac.id, diakses 6 Mei 2018).
Kunandar. 2014. Penilaian autentik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kurniawan, Abdul Kharim. 2016. Penerapan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika, (Online), (Abdulkharim-Kurniawan.blogspot.com, diakses 10 Mei 2018).
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Lampung: Az-zur Media.
Palobo. 2016. Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving dalam pembelajaran Kalkulus II, (Onlilne), (http://journal.uny.ac.id, diakses 19 agustus 2018).
Rosli, Roslinda, dkk. 2014. The Effects of Problem Posing on student Mathematical Learning: A Meta-Analysis. International Education Studies,(Online),Vol.7,No.13, (www.ccsenet.org/journal/index.php/ies/article/view/43623/23835, diakses 12 Mei 2018)
Rosmiati, Rosi. 2 Juni 2011. Karakteristik Pembelajaran Problem Solving dalam Matematika, (Online), (https://www.kompasiana.com, diakses 10 Mei 2018).
Sarbowo Evi. 2016. Penerapan Pendekatan Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA, (Online), (repository.unpas.ac.id, diakses 6 Mei 2018)
Shanti, dan Agus Maman Abadi. 2015. Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika, (Online), (http://doaj.org.article. Diakses 19 Agustus 2018)
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Surya, dan Desi Ayu Novianti. 2017. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP, (Online), (http://researchgate.net
DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.3081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
View SIGMA Stats
INDEXED BY:
SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.