EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ACCELERATED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP HANDAYANI SUNGGUMINASA KAB. GOWA

Ernawati Ernawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui pendekatan Accelerated Learning pada siswa kelas VII SMP Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini mengacu pada empat aspek kriteria keefektifan pembelajaran, yaitu: ketuntasan belajar secara klasikal, aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi, dengan syarat aspek ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Shot Case Study, yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding  (kontrol) dan juga tanpa tes awal. Satuan eksperimen yang digunakan yaitu satu kelas yang dipilih secara random dengan tekhnik simple random sampling. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VII sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksankan selama 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa adalah 75,32 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 10,148 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 55,00 dan skor tertinggi adalah 94,00 dari skor ideal 100,00. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 22 siswa atau 86,36% mencapai KKM dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) Skor rata-rata diperoleh dari aktivitas siswa adalah 78,69%. (3) Skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yaitu 3,61 dengan kategori sangat baik. (4) Angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan Accelerated Learning adalah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan pendekatan Accelerated Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIIA SMP Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa

Keywords


Efektivitas, Accelerated Learning

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Rondiyah. 2009. Model Struktural Faktor-Faktor Antaseden Hasil Belajar Matematia Siswa Dalam hubungannya Dengan faktor Internal Dan Eksternal Pada Sekolah menengah atas Negeri Di Kota Makassar.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Malang (UNM).

Sappaile,Baso Intang. 2005. Pengaruh metode mengajar dan ragam tes terhadap hasil belajar matematika Dengan mengontrol sikap siswa Disertasi. Jakarta: Program Pascasarjana Penelitian dan evaluasi pendidikan Matematika Universitas Negeri Jakarta.

Syukriah. 2009. Model Struktural Dalam Menilai Antar-Hubungan Antara Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Makassar.Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Malang (UNM).

Tiro, M A, Arbianingsih. 2011. Teknik Pengambilan Sampel. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M A, Suakrna, Aswi. 2010. Analisis Jalur. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M A. 2010. Penelitian: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Makassar: Andira Publisher




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.3077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA




Flag Counter

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats