EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 19 GOWA

Abd. Rahman, Erni Ekafitria Bahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas X SMA Negeri 19 Gowa tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini mengacu pada tiga aspek kriteria keefektifan pembelajaran, yaitu: (1) hasil belajar yang meliputi ketuntasan belajar secara individu dan klasikal, serta gain atau peningkatan hasil belajar, (2) aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran (3) respon siswa terhadap proses pembelajaran. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika ketiga aspek tersebut terpenuhi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimental yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest–Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 19 Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor rata-rata posttest 81,63 lebih besar dari pada skor rata-rata pretest 28,69 dengan standar deviasi masing-masing pretest 10,62 dan posttest 5,40. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 33 siswa dari 35 siswa atau 94,29% telah mencapai ketuntasan individual dan ini berarti ketuntasan klasikal telah tercapai. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Pendekatan Matematika Realistik dimana rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,74 dan umumnya berada pada katergori tinggi. (2) Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 80,61% maka aktivitas siswa mencapai kriteria aktif. (3) Respons siswa menunjukkan positif dimana rata-rata persentasenya adalah 85,43%. Berdasarkan hasil penelitain tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika efektif melalui penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada siswa kelas X SMA Negeri 19 Gowa.

Keywords


Efektivitas Pembelajaran Matematika, Pendekatan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Maolani, Rukaesih A. & Cahyana, Ucu. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Megantara, M. Ilham. 2017. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Mulbar, Usman. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama, (Online), Vol. 1, No. 1, (http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/, diakses 16 Juli 2018).

Pratomo, Ikhsan Aji. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas X TKJ SMK YPKK Limbung Kabupaten Gowa. Skripsi Diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.3076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA




Flag Counter

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika indexed by:

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats