IMPLEMENTASI KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI MATAKALI
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.3074Keywords:
Respon Siswa, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Students Teams Achievements Divisions (STAD).Abstract
Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar dan respons siswa pada pelajaran Matematika di SMA Negeri Matakali. Untuk itu peneliti menerapkan pendekatan cooperative learning model Students Teams Achievement Divisions (STAD) dalam proses pembelajaran. Diharapkan model ini dapat meningkatkan respons, aktivitas, dan hasil belajar siswa materi Barisan dan Deret kelas XII IPA SMA Negeri Matakali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester Ganjil tahun Pelajaran 2018/2019 di Kelas XII IPA SMA Negeri Matakali. Dari hasil penelitian diperoleh respon siswa positif. Skor rata-rata angket respon siswa meningkat dari 3,46 menjadi 3,71. Aktivitas siswa juga meningkat, secara kuantitas naik dari 3,12 menjadi 3,15. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar matematika siswa dari 80,55 pada siklus I menjadi 81,82 pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Students Teams Achiement Divisions dapat meningkatkan respon siswa, aktivitas siswa, dan hasil belajar matematika siswa.
References
Arends,Richard I,2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaaka Pelajar
Asmawati,2010. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Dalam Pembelajaran Matriks Pada Siswa
Kelas X SMK Negeri 1 Pallangga Gowa.Tesis tidak diterbitkan Makassar.PPs Universitas Negeri Makassar http://definisi-pengertian.blogspot.com/2009/11/pengertian-belajar.html
Huda,Miftahul.2011. Cooperative Learning. Metode,Teknik,Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim.2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya:Pusat Sains dan Matematika Sekolah: Universitas Negeri Surabaya.
Isjoni.2010. Efektifitas Pembelajaran Kelompok.Bandung:Alfabeta
Nuryeni. 2002. Komparasi metode kerja kelompok dan kerja individu dalam pembelajaran matematika dalam kelompok bahasan lingkaran I, skripsi Makassar: FMIPA UNM.
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, Robert E.2015. Cooperative Learning.Bandung: Nusa Media
Suherman. H, Erman. dkk, 2003. Strategi pembelajaran matematika kontenporer. Universitas pendidikan Indonesia: JICA
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Tiro,Muhammad Arif. 2000. Dasar-dasar Statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.