PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SATU ATAP PULAU SERAYA BESAR

Karmila Karmila, Hastuty Musa, Ilhamsyah Ilhamsyah

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Pulau Seraya Besar tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini mengacu pada kriteria keefektifan pembelajaran, yaitu: (1) aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran,  (2) Hasil belajar yang meliputi ketuntasan individu, ketuntasan klasikal dan gain atau peningkatan hasil belajar dan (3) respons siswa terhadap proses pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah The One Group Pretest Posttest. Sampel eksperimennya adalah siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Pulau Seraya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa ,tes hasil belajar, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata posttest 83,50 lebih besar dari pada skor rata-rata pretest 32,4464 dengan standar deviasi masing-masing pretest 20,2764  dan posttest 17,87. Dari hasil tersebut juga diperoleh bahwa pada pretest ada 13 siswa atau 92,86% tidak mencapai ketuntasan individual dan ada 1 siswa atau 7,14% yang memenuhi ketuntasan individual. Dalam hal ini berarti ketuntasan klasikal belum tercapai Sedangkan pada posttest ada 12 siswa atau 85,71% telah mencapai ketuntasan individual dan 2 siswa atau 14,28% tidak mencapai ketuntasan individual. Dalam hal ini berarti ketuntasan klasikal telah tercapai. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Snowball Throwing dimana nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,74 dan umumnya berada pada kategori tinggi, (2)  Rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 80,19% maka aktivitas siswa mencapai kriteria aktif. dan (3) respons siswa menunjukkan positif dimana rata-rata persentasenya adalah 100%. Dengan demikian Snowball Throwing efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Pulau Seraya Besar.


Keywords


Snowball Throwing, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Siswa, Respon Siswa

Full Text:

PDF

References


Dimiyiyati dan Mudijono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fajriyahmy. 2013.Kategorisasi Standar Hasil Belajar. (Online), (http://fajriyahmy.blogspot.co.id/2013/01/, Di akses 11 Novemver 2017).

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kalimedia.

Freire , Paulo (dkk). 1998. Menggugat Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hasrul. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bajeng Barat . Skripsi. Makasssar. FKIP Unismuh Makassar

Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriyani, Ari. 2017. Desain Snowball Throwing Pada Pembelajaran Statistik Matematika. Jurnal pendidikan matematika vol. 8 no. 1, Juli 2017.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Refika Aditama

Kompri. 2016. Manajemen Pendidikan Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Lefudin. 2012. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama

M. Nursalam. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Siswa Kelas X Ma Mualimin Muhammadiyah Makassar . Skripsi. Makasssar. FKIP Unismuh Makassar

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Permata, Dyan Sari, dkk. 2013. Analisis Keterlaksanaan Penggunaan Petunjuk Praktikum berdasarkan Metode Inkuiri terbimbing Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 3 Malang, (Online), (http://www.jurnal.um.ac.id, diakses 23 Mei 2018).

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, (Online), Vol. 9. No. 1. (https://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/90, diakses 02 mei 2018).

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajagrafindo Persada

Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera

Sudjana, Nana. 2010. Cara Belajar Aktif dalam proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: Alfabeta

Suprijono, Agus. 2017. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thobroni, M. 2016. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Triyanto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Usmanto. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas VII SMP negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Makassar : FKIP Unismuh Makassar

Wahab, Rohmalina 2016. Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers

Yuliati. 2015. Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh. Banda Aceh: Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2. ISSN: 2302-5158




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v11i1.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA



Flag Counter


INDEXED BY: