ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Authors

  • Adi Herdiansyah Politeknik Negeri Bali
  • Yusfa Lestari Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.26618/1sz97459

Keywords:

miskonsepsi, pemecahan masalah, gaya kognitif, sistematis, intuitif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa S1 Pendidikan Matematika di universitas yang berada di Malang ditinjau dari gaya kognitif intuitif dan sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui pemberian tes Cognitive-Style Inventory (CSI), tes pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Analisis data miskonsepsi mahasiswa dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gaya kognitif sistematis tidak mengalami miskonsepsi ketika memecahkan masalah. Mahasiswa menggunakan langkah-langkah secara sistematis ketika mencari solusi dari permasalahan, mulai dari menganalisis atau memahami masalah, merencanakan, melaksanakan rencana dan menafsirkan kembali. Mahasiswa dengan gaya kognitif intuitif masih banyak mengalami miskonsepsi dalam memecahkan masalah. Individu degan gaya kognitif intuitif juga menggunakan langkah-langkah tertentu dalam mencari solusi suatu pemasalahan, namun cenderung tidak runtut. Harapannya dalam pembelajaran matematika, pengajar dapat menekankan pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa untuk memahami konsep seperti mengajarkan dengan menunjukkan bagaimana kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari atau bidang lain.

References

Bukhari, M., Jagtiani, J., Pathak, G. P., Satyanarayana, P., Selvakumar, P., & Manjunath, T. C. (2025). Problem Solving Skills. In Public Sector Burnout and Wellness: Research and Experiences (pp. 241–266). IGI Global Scientific Publishing.

Chakraborty, J., Das, R., & Jha, K. K. (2025). The Role of Cognitive Style in Academic Achievements and Creative Thinking among Students. Indian Journal of Extension Education, 61(3), 69–74.

Chan, M. L. (2020). Use of whiteboard for mathematics teaching. In Mathematics Teaching In Singapore - Volume 1: Theory-informed Practices (pp. 7–17). World Scientific Publishing Co. https://doi.org/10.1142/9789811220159_0001

Fitriani, N. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gaya kognitif mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–123.

Hidayat, A. F., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2017). Profil penalaran proporsional siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif sistematis dan intuitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 162–170.

Juliawan, R., & Putra, B. M. (2021). Analisis Miskonsepsi pada Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Harapan Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 265–271.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 033 Tahun 2022 tentang perubahan atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta.

Kusno, & Sutarto. (2022). Identifying and Correcting Students’ Misconceptions in Defining Angle and Triangle. European Journal of Educational Research, 11(3), 1797–1811. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.3.1797

Lazarova, L. K., Stojkovikj, N., Stojanova, A., & Miteva, M. (2022). Application of graph theory in teaching and understanding of the mathematical problems. 2022 IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), 1594–1601. IEEE.

Maysarah, S., Saragih, S., & Napitupulu, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematik dengan Menggunakan Model Project-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1536. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6627

Mertayasa, I. N. E., Subawa, I. G. B., Agustini, K., & Wahyuni, D. S. (2021). Impact of cognitive styles on students’ psychomotoric abilities on multimedia course practicum. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). IOP Publishing Ltd. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012056

Mulyana, T. (2019). Proses berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. JRPM: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 45–58.

Mustofa, B., Mardiyana, & Slamet, I. (2020). An analysis of problem solving ability in linear equation systems with two variables. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012099

Nielson, C., Pitt, E., Fux, M., de Nesnera, K., Betz, N., Leffers, J. S., Tanner, K. Coley, J. D. (2025). Spontaneous Anthropocentric Language Use in University Students’ Explanations of Biological Concepts Varies by Topic and Predicts Misconception Agreement. CBE Life Sciences Education, 24(1). https://doi.org/10.1187/cbe.24-07-0198

Parwati, N. N., & Suharta, I. G. P. (2020). Effectiveness of the implementation of cognitive conflict strategy assisted by e-service learning to reduce students’ mathematical misconceptions. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(11), 102–118. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I11.11802

Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Priyono, P. M. (2020). Profil berpikir analitik siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif sistematis dan intuitif. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 430–441. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p430-441.

Rahman, M. S., Juniati, D., & Manuharawati. (2022). Strategic competence in solving-problem and productive disposition of high school students based on cognitive styles. AIP Conference Proceedings, 2577(1), 020053. AIP Publishing LLC.

Rokhim, D. A., Atikah, A., Vitarisma, I. Y., Rahayu, S., & Muntholib, M. (2022). Assessment of High School Students’ Ability to Solve Structured Problems with Ideal Model on Acid-Base. Orbital, 14(4), 276–284. https://doi.org/10.17807/orbital.v14i4.16294

Setyowati, H., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2017). Identifikasi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan pecahan menggunakan certainty of response index (CRI).

Shantika, W., & Ratu, N. (2021). Profil kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan gaya kognitif sistematis dan intuitif. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 34–48.

Sleesman, D. J., Hollenbeck, J. R., Davison, R. B., & Scott, B. A. (2024). Leader intuition: good or bad for multiteam system performance? The roles of information load and introversion. Group & Organization Management, 49(4), 902–942.

Subanji, Sa’dijah, C., Syuhriyah, K., & Anwar, L. (2021). Students’ thinking process in solving two variables linear equation system problem based on systemic and intuitive cognitive style. AIP Conference Proceedings, 2330(1), 040011. AIP Publishing LLC.

Supratman, Budayasa, I. K., & Rahaju, E. B. (2025). Probabilistic Thinking Process in Probability Problem-Solving Prospective Mathematics Teacher with Field-Independent based on Polya’s Three Stages. Educational Process: International Journal, 17. https://doi.org/10.22521/edupij.2025.17.333

Turmuzi, M., Hapipi, Hikmah, N., & Salsabila, N. H. (2023). Analysis of the misconceptions of elementary school teacher education students in elementary mathematics subjects in terms of learning style. The 1st International Conference on Science Education and Sciences, 2619(1), 110005. AIP Publishing LLC.

pic

Published

2025-12-25