PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26618/krfy7587

Keywords:

Project Based Learning, minat belajar, statistika, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning / PjBL) pada materi Statistika di kelas X-5 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 37 peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa angket minat belajar yang memuat 12 item yang mewakili empat aspek. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor angket pada setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar peserta didik. Pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II 81%, sehingga terjadi kenaikan sebesar 10%. Peningkatan juga terlihat pada setiap aspek, yaitu perasaan senang (7%), ketertarikan (11%), perhatian (12%), dan keterlibatan aktif (9%). Temuan ini menunjukkan efektivitas penerapan PjBL dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Selain itu juga berkontribusi terhadap perkembangan keterampilan abad 21. Pembelajaran berbasis proyek juga dapat menjadi alternatif strategi yang dapat diterapkan guru pada pertemuan berikutnya untuk mempertahankan keterlibatan peserta didik, sekaligus menjadi dasar pengembangan penelitian lanjutan dengan menambahkan kelompok pembanding atau mengukur hasil belajar sebagai keluaran tambahan.

Author Biographies

  • Dita Mustapa, Universitas Tadulako
    Pendidikan Profesi Guru
  • Rita Lefrida

    Universitas tadulako

  • Tajuddin, Universitas Tadulako

    Pendidikan Profesi Guru

References

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, S. N. A., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Universitas Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Ana, R. F. R. (2021). Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Kelas IV SDN Kamulan 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.36456/inventa.5.2.a4264

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 799–808. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p799-808

Cahyani, R. G., Hadiprasetyo, K., & Wulandari, A. A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Nguter pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 511–520.

DM, A. S., Koromot, C. A., & Riswan, A. (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 3(1). https://doi.org/10.26858/.v3i1.52348

Furqon, M. (2024). Minat Belajar. Solok: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Lestari, R., Habibi, & Bastari, S. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 21–28. https://dx.doi.org/10.58222/JURIP.v3i1.777

Lestari, R., Sumarno, & Gimin. (2025). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 25(1), 90–103. https://doi.org/10.17509/jpp.v25i1.82037

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706-719.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Permata, M. D., Koto, I., & Sakti, I. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 30–39.

Rahimah, M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(3), 1–12. https://doi.org/10.51178/cjerss.v4i3.1379

Rahman BP, A., Asri Munandar, S., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Rahmawati, E. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Motivasi Belajar Siswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 146–151. https://doi.org/10.57235/ijedr.v3i1.4486

Safitri, A., Yensy, N. A., & Siagian, T. A. (2022). Efektivitas Penggunaan LKPD Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 248–258. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.248-258

Sahid, M. R. H., Arisnawati, & Saparuddin. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 9–18. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i1.336

Sartika, D., Mikrayanti, & Anggriani. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. JIPDASMEN Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Menengah, 1(2), 82–99. https://doi.org/10.71301/jipdasmen.v1i2.39

Sinaga, D. Y., Simangunsong, Y. R., Simajuntak, A., Sinaga, F., Sinaga, Y. P., Hutagalung, W., Simbolon, U. G., Sitindaon, L. M., & Maharani, N. (2024). Mengembangkan Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika SD Kelas Tinggi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 1550–1560.. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5430

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalm Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. GENTA MULIA, 9(1), 110–121.

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2020). Hubungan Kreativitas Dan Inovatif Guru Dalam Mengajar di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242365

Yanti, A. D., & Puspasari, D. (2024). Peran Minat dalam Pembelajaran (Studi pada Siswa SMK). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3394–3402.

pic

Published

2025-11-22